Upaya peningkatan pemahaman lansia terhadap penyakit tidak menular untuk berperilaku CERDIK dan PATUH di Banguntapan

Leonny Dwi Rizkita, Afifah Khoiru Nisa, Rizka Ariani, Windy Aristiani, Indah Rahmawati, Muhammad Vitranda Roeslan Afany, Raihanah Arifah Ariyanti

Abstract


Tetap sehat meski di usia tua adalah harapan semua orang terutama di saat telah menjadi lansia. Meskipun menjadi tua adalah hal yang tidak terelakkan, menjaga kondisi organ tubuh agar tetap sehat bukan hal yang tidak mungkin. Salah satu cara ialah dengan pengendalian dan pencegahan penyakit dengan perilaku hidup sehat. Perilaku hidup sehat dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap yang baik. Dengan peningkatan jumlah kejadian penyakit tidak menular (PTM) pada lansia di Indonesia, perlu dilakukan pendekatan yang holistik terhadap lansia dengan memberikan penyuluhan yang bersifat kontinuitas. Kementerian Kesehatan memiliki program gerakan masyarakat sehat (germas) berupa CERDIK dan PATUH dalam pengendalian kejadian PTM. Untuk mendukung germas yang digalakkan oleh Kementerian Kesehatan dan sebagai perwujudan tridharma perguruan tinggi, dilakukan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada lansia di Kabupaten Bantul pada tanggal 27 November 2023 yang dilaksanakan antara tim pengabdi dari Fakultas Kedokteran UAD dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Banguntapan Utara di Kantor Desa Baturetno. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ialah untuk memperkaya pemahaman serta peningkatan kesadaran terhadap perilaku CERDIK dan PATUH sebagai teknik preventif PTM. Metode kegiatan pengabdian berupa ceramah, tanya jawab serta evaluasi pemahaman dalam bentuk kuis. Dampak yang diperoleh dari kegiatan yaitu peningkatan keingintahuan dan antusiasme partisipan serta adanya umpan balik yang positif. 


Keywords


CERDIK; PATUH; penyakit tidak menular; penyuluhan kesehatan

Full Text:

PDF

References


Basrowi RW, Rahayu EM, Khoe LC, Wasito E, Sundjaya T. The road to healthy ageing: What has indonesia achieved so far? Nutrients. 2021 Oct 1;13(10):1–11.

Rodgers JL, Jones J, Bolleddu SI, Vanthenapalli S, Rodgers LE, Shah K, et al. Cardiovascular risks associated with gender and aging. Vol. 6, Journal of Cardiovascular Development and Disease. MDPI; 2019.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2018.

Kristina SA, Kuncoro DH. A Survey of Quality of Life among Elderly Population in Yogyakarta: A Questionnaire-Based Study Journal of Global Pharma Technology A Survey of Quality of Life among Elderly Population in Yogyakarta: A Questionnaire-Based Study. Article in Journal of Global Pharma Technology. 2020;12(6):547–52.

Poloska A, Gjonej R, Akshija I. Evaluation of Patients’ Knowledge Regarding Chronic Non-Communicable Diseases. South East Eur J Public Health. 2024;22:1–14.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Profil Kesehatan Kabupaten Bantul Tahun 2022. Kabupaten Bantul; 2022.

Silvanasari IA, Maurida N, Vitaliati T. Peningkatan Pengetahuan Penyakit Tidak Menular: Hipertensi pada Lansia Increasing Knowledge of Non-Communicable di: Hypertension in Elderly. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan Stikes Pemkab Jombang. 2022;VIII(2).

Pertiwi NFA, Nurlaili H. Peningkatan Pengetahuan Lansia Mengenai Penyakit Tidak Menular di Desa Polengan Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fisioterapi dan Kesehatan Indonesia. 2023 Jun 29;2(2):124–7.

Prastiwi D, Anung Anindhita M, Heri Pornomo dan, Studi Profesi Ners P, Ilmu Kesehatan F, Pekalongan U, et al. Edukasi Cegah Penyakit Tidak Menular dengan CERDIK dan PATUH. Jurnal ABDIMAS. 2021;2:20–5.

Sari N, Dewi LA, Rafliansyah R, Ramadani AB, Zainuddin FA, Marzuki MF, et al. Penyuluhan Perilaku CERDIK dan PATUH sebagai Upaya Penanggulangan Hipertensi pada Lansia di Desa Tonasa, Takalar. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2023 Jan 16;4(1):1–10.

Suwanti I, Studi Keperawatan P, Keperawatan Dian Husada Mojokerto A, Studi Ilmu Keperawatan P, Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang S. Sosialisasi Perilaku CERDIK dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) pada Masyarakat. Jurnal Masyarakat Mandiri dan Berdaya. 2022;1(3):11–9.

Nuraeni A, Darni Z, Keperawatan PS, Fatmawati S, Diploma P, Keperawatan T. Peningkatan Pengetahuan Lansia Melalui Edukasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular Dengan Gerakan CERDIK dan PATUH. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2024;5(1):306–13.

Dewi NLPT, Wati NMN, Jayanti DMAD, Lestari NKY, Sudarma IN. Edukasi Metode CERDIK Dan PATUH Modifikasi Gaya Hidup Sehat Dalam Upaya Mencegah Kejadian Stroke Berulang. Jurnal Empathy Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022 Aug 31;42–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Leonny Dwi Rizkita, Afifah Khoiru Nisa, Rizka Ariani, Windy Aristiani, Indah Rahmawati, Muhammad Vitranda Roeslan Afany, Raihanah Arifah Ariyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License