Penguatan Literasi AIK Bagi Generasi Muda Kampung Kauman (Pendekatan Sejarah dan Akhlak)

Mahrus Lutfi Adi Kurniawan, Ahmad Zaki Annafiri, A. Syahid Robbani, Yusroh Yusroh, Rahmat Sabili, Ahmad Mizaj El Kafoor, Gandi Muhammad Boleng

Abstract


Pendidikan akhlak dan sejarah hari ini menjadi nyawa dalam membendung arus globalisasi yang kini mempengaruhi perilaku generasi muda. Selain keduanya, para pemuda juga saat ini menghadapi persoalan ekonomi yang tidak menentu. Kesulitan bersaing, mencari kerja, hingga mendapat sandang, pangan, papan yang layak. Oleh karena itu, sebagai warga Kauman yang mana merupakan tempat berdirinya Muhammadiyah, maka sudah selayaknya para pemuda memiliki tingkat literasi Al Islam dan Kemuhammadiyaha (AIK) yang tinggi. Pengabdian ini bertujuan menguatkan literasi AIK bagi Generasi Muda di Kampung Kauman Yogyakarta dari pendekatan Sejarah dan Akhlak. Pengabdian dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2024 dengan peserta jajaran pimpinan Muhammadiyah, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan Pemuda Muhammadiyah di Kampung Kauman, dan dengan metode sosialisasi dan diskusi. Setelah pemaparan materi, tampak adanya peningkatan signifikan dari hasil rata-rata pretest sebesar 70 menjadi rata-rata postest sebesar 89. Kenaikan angka ini menunjukkan adanya peningkatan literasi AIK dari aspek sejarah dan akhlak bagi para peserta pengabdian.


Keywords


Kampung Kauman; Literasi Al Islam dan Kemuhammadiyahan; Literasi Sejarah dan Akhlak; Generasi Muda Kampung Kauman

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syamsu Rizal, ‘Orientasi Metodologis Dalam Pendidikan Nilai (Analisis Konseptual Terhadap Model-Model Pendidikan Nilai Modern)’, Ta’lim, 11 (2013), 1

Baharuddin, Ismail, ‘Hakikat Peserta Didik Perspektif Filsafat Pendidikan Islam’, Al Mahyra, 2020

Humaid, Shalib bin Abdullah, Mausu’ah Nadhrah an-Na’im (Jeddah: Dar al-Wasilah, 2004)

Mulyani, Sri, ‘Sri Mulyani Sebut Milenial Sulit Beli Rumah, Apa Peran Pemerintah?’, CNN, 2023 [accessed 29 September 2023]

Pasha, Mustafa Kamal, and Muhammad Adaby Darban, Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam (Yogyakarta: LPPI UMY, 2003)

Syahnaidi, Muhammad Amin Qodri, and R. Umi Baroroh, ‘Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Muhammadiyah’, Journal of Arabic Studies, 3.2 (2018), 181

Wibisono, Fatah, Masyarakat Islam Yang Sebenar-Benarnya: Kajian Teks (PP Muhammadiyah Majelis Tarjih dan Tajdid)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mahrus Lutfi Adi Kurniawan, Ahmad Zaki Annafiri, A. Syahid Robbani, Yusroh Yusroh, Rahmat Sabili, Ahmad Mizaj El Kafoor, Gandi Muhammad Boleng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License