Studi inspiratif dan penyuluhan pemilahan sampah PCA dan PCM Kapanewon Sleman

Erna Astuti, Nining Sugihartini, Zainab Zainab, Dedi Wijayanti, Clarista Deshra Mevalda, Haris Alfanoza Dewanto, Akhmad Sabilal Muhtadin

Abstract


Kabupaten Sleman merupakan Kabupaten yang mempunyai timbulan sampah terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama ini sebagian warga Sleman membuang sampah ke TPST Piyungan. Dengan adanya masalah darurat sampah, perlu partisipasi berbagai pihak, termasuk masyarakat, untuk mengatasi permasalahan sampah.  Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kepedulian masyarakat  untuk mengelola sampah di tingkat rumah tangga sehingga membantu mengatasi darurat sampah, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memilah sampah berdasarkan berbagai kategori sampah sehingga masyarakat mampu menyelesaikan masalah sampah  rumah tangga. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2023 dengan mitra PCA Kapanewon Sleman. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan PRA dan PRM se-Kapanewon Sleman sebanyak 40 orang. Metode kegiatan adalah studi inspiratif ke Bumkal Catur Sejahtera Desa Caturharjo Pandak Bantul dan Penyuluhan Pemilahan Sampah. Pada kegiatan tersebut dilakukan pengukuran pemahaman masyarakat tentang pemilahan sampah dengan pretest dan posttest.  Dari perhitungan diketahui pengetahuan mitra meningkat sebesar 63%. Dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini diketahui bahwa pemahaman mitra tentang pemilahan sampah semakin meningkat sehingga diharapkan masyarakat Kapanewon Sleman punya kesadaran untuk mulai melakukan pemilahan sampah rumah tangga.


Keywords


pemilahan, sampah, Sleman, studi inspiratif

Full Text:

PDF

References


Kementerian Limgkungan Hidup dan Kehutanan. Timbulan Sampah.2019 [diakses 21 September 2023]. Tersedia dari: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah. Modul 02 - Pengantar Pengolahan Sampah Secara Umum, Bandung. 2018.

Mustiadi L, Astuti, S, dan Purkuncoro AE. Mengubah Sampah Organik dan Anorganik Menjadi Bahan Bakar Pelet Partikel Arang. Malang: CV IRDH; 2019.

Rapii M, Majdi MZ, Zain R, Aini Q. Pengelolaan sampah secara terpadu berbasis lingkungan masyarakat di Desa Rumbuk, Dharma Raflesia. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. 2021;19(1):13-22. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13201

Dermawan, Lahming, Mandra MAS., Kajian Strategi Pengelolaan Sampah, UNM Environmental Journals. 2018; 1(3): 86-90. http://dx.doi.org/10.26858/uej.v1i3.8074.

Yudiyanto, Yudistira E, Tania AL. Pengelolaan sampah: pengabdian pendampingan di Kota Metro. Metro: LPPM IAIN Metro bekerja sama dengan Sai Wawai Publishing; 2019.

Febyanti PE, Murniasih AAA, Suarsana IN. Peran Masyarakat Terhadap Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) di Desa Paksebali. Sunari Penjor. 2021;5(2): 54-61. https://doi.org/10.24843/SP.2021.v5.i02.p01

Affandy NA, Insaini E, Yulianti CH. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah komprehensif menuju zero waste. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III 2015. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erna Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License