Pembuatan prototipe aplikasi sistem informasi koperasi bagi pengurus koperasi pemasaran bank difabel Daerah Istimewa Yogyakarta

tedy setiadi, Rusdianto Rusdianto, Rintan Nuzul Ainy, Sudarmini Sudarmini, Solichul Solichul, I Ramadhani, R Sirait, A Aripin, A Bima, M Al-Hafiz

Abstract


Koperasi Pemasaran Bank Difabel terletak  di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY. Koperasi ini diawali dengan gagasan organisasi Penyandang Disabilitas Kabupaten Sleman yang bertujuan memberikan wadah kepada para anggotanya yang ingin mengembangkan usaha, yang kemudian disepakati dibentuk Koperasi Pemasaran Bank Difabel. Pada saat awal pendirian, koperasi ini memiliki anggota 30 an dan sekarang telah berkembang menjadi 100 lebih anggota. Dengan bertambahnya jumlah anggota dan modal yang dimiliki, pengelolahan koperasi mulai menghadapi beberapa masalah, yaitu dengan pembukuan yang dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu lama dalam pengelolaan adminstrasi dan tidak jarang terjadi kesalahan. Berdasarkan permasalaan di atas, tujuan pengabdian ini adalah menerapkan sistem informasi koperasi bagi pengurus koperasi Pemasaran Bank DIfable DIY agar  memudahkan dqlam mengelola berbagai transaksi yang ada di koperasi serta memudahkan dalam pembuatan laporan.

Metode pelaksanan kegiatan meliputi survei ke lokasi dengan melakukan diskusi dengan Pengurus Koperasi. Kemudian dilanjutkan melakukan FGD untuk menentukan kebutuhan sistem yang diinginkan. Langkah berikutnya perancangan prototipe aplikasi sistem informasi koperasi dan uji penerimaan hasil prototipe.Kegiatan ini masih sebagai tahap 1 kegiatan pengabdian dengan target membuat prototipe aplikasi berbasis web, sedangkan  tahap 2 (selanjutnya) akan dikembangkan untuk implementasi dan pelatihan sistem informasi koperasi berbasis web. Kegiatan survei dilaksanakan Sabtu, 28 Oktober 2023,FGD Sabtu, 6 Januari 2024, dan demo serta uji penerimaan prototipe Sabtu, 30 Maret 2024.

Berdasarkan hasil evaluasi, uji penerimaan prototipe menunjukkan kepuasan dari peserta mencapai 87% terhadap menu-menu yang disediakan pada sistem informasi koperasi. Hal ini menunjukan pentingnya keberlanjutan kegiatan ini berupa implementasi dan pelatihan sistem, sehingga dapat membantu koperasi dalam melaksanakan aktivitas bisnisnya


Keywords


Sistem Informasi, Koperasi Pemasaran,Penyandang Disabilitas

Full Text:

PDF

References


Kalsum U, Hidayat R, Sahri Y, Permana A. Pemberdayaan Koperasi Melalui Penyuluhan Perkoperasian Pada Kelompok Masyarakat. 2024;4(1):9–16.

Bagus Putra Manuaba I, Wayan Dian Irmayani N, Katarina Sani F, Nasional P. Peran Koperasi Simpan Pinjam dalam Mensejahterakan Anggota Pada KSP Duta Sejahtera. EKOMA J Ekon. 2024;3(3):381–95.

Harahap M, Perkasa RD. Strategi Koperasi dalam Pemberdayaan UMKM Koperasi Bona Mandiri Jaya. As-Syirkah Islam Econ Financ J. 2024;3(1):364–72.

Manajemen P, Dan T, Pengetahuan M, Kinerja T, Melalui K, Karyawan P, et al. Pengaruh Manajamen Talenta dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Potensi Karyawan Pada Koperasi Jasa New Mitra Karya Medan. J Dunia Pendidik. 2024;4:1701–15.

Manan AD, Aditya D, Aziz MR, Utama RE, Jakarta UM, Selatan T, et al. MEMAHAMI MANAJEMEN KOPERASI. MUSYTARI. 2024;3(7).

Ifa KR. Peran Digitalisasi Koperasi Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Kinerja Keuangan di KSPPS BMT Alhikmah Semesta. 2025;1(01).

Hal J, Purba M, Nababan AA, Sipayung LY, Simarmata RI. JURNAL ABDIMAS BUDI DARMA Penerapan Aplikasi Koperasi PSPM Paroki Padre Pio Helvetia Medan. 2024;4(2):49–56.

Prastyo ED, Muryani S, Mandiri UN, Mandiri N, Pinjam KS, Waterfall M. SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM ONLINEPADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL AN-NAJAH. 2024;6(1):63–72.

Gus R, Hulu M. Analisis Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan Pada Koperasi Osseda Desa Miga Gunungsitoli. 2024;4:3803–12.

Priyo Utomo T, Sa’adah M, Murtadho MA, Balafif N, Korespondensi *. Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis WEB. Online) Teknol J Ilm Sist Inf [Internet]. 2022;14(1):19–26. Available from: https://doi.org/teknologi.v14i1.4373Tersediaonlinediwww.journal.unipdu.ac.idHalamanjurnaldiwww.journal.unipdu.ac.id/index.php/teknologi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 tedy setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License