Pelatihan Pelayanan Prima Sekolah untuk Pendidik dan Tendik di SMK Muhammadiyah 1 Minggir Sleman

Purnawan Purnawan, Arief Kurniawan, Rendra Ananta Prima

Abstract


Pelatihan Pelayanan Prima sekolah untuk guru dan tenaga kependidikan SMK Muhammadiyah Minggir dalam rangka melaksanakan Catur Dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam pelayanan publik sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan sekolah dan menghasilkan Standard Operational Procedure (SOP) dalam pelayanan sekolah.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan secara tatap muka yang diikuti oleh 20 peserta. Tempat pelaksanaan kegiatan ini di SMK Muhammadiyah Minggir, tahap pertama tatap muka dilaksankan pada tanggal 09 November 2023 dan 16 November 2023, kemudian tahap dua pada tanggal 19 dan 20 April 2024. Metode dan pola pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan Pelatihan ini adalah dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tutorial atau konsultasi secara tatap muka dan daring.

Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut. Pertama, semua peserta kegiatan pelatihan ini sangat antusias, bersemangat, dan mempunyai motivasi yang tinggi mengikuti pelaksanaan kegiatan ini. Kedua, pemahaman guru dan tenaga kependidikan terkait pelayanan prima disekolah semakin meningkat. Kegiatan pelatihan ini penting untuk pengembangan guru, dan tenaga kependidikan khususnya di SMK Muhammadiyah Minggir, oleh karena itu kiranya perlu untuk dapat dilaksanakan kembali dan lebih ditingkatkan pada masa mendatang.

Keywords


Pelayanan Prima, Pelatihan, Sekolah

Full Text:

PDF

References


Lassere, C. (2010). Fostering a Culture of Service Excellence. Medical Practice Management. November/Desember 2010. Diperoleh dari proquest.com/diakses tanggal 13 Januari 2014

Nasution, M. N. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia

Puspitasari, F.F. (2019). Implementasi Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Marketing Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 30-36.

Rahma & Hartoyo (2010). Pengaruh Orangtua dan Sekolah terhadap Tingkat Kepuasan PelayananPendidikan Dasar. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen (2010) 3 (2) 164-172

Hidayati, D., & Rifa’i, A. A. (2020). Factors Influencing Parents’ Decisions on Choosing an Islamic Primary School in Bandung Indonesia. Randwick International of Social Science Journal, 1(1), 121-126.

Rosyadi, YI, & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.

Zulkarnain, W. & Sumarsono, R. B. (2014). Manajemen Kantor Sekolah: Konsep dan Strategi Implementasi Bagi Tenaga Administrasi Sekolah. Malang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan UM FIP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 purnawan purnawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License