Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris dengan Storytelling untuk Guru SD Muhammadiyah Pakel Program Plus

Iin Inawati, Nur Fatimah, Soviyah Soviyah

Abstract


Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diajarkan kepada murid sekolah dasar di kota Yogyakarta sebagai mata pelajaran muatan lokal. Tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar adalah agar siswa dapat menggunakan bahasa Inggris secara komunikatif dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada praktiknya Bahasa Inggris diajarkan dengan lebih banyak mengacu pada mengerjakan soal di buku teks, bukan fokus pada bagaimana mengembangkan ketrampilan  komunikatif baik secara lisan atau tulisan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mitra mengenai cara mengajar Bahasa Inggris untuk anak yang efektif dan inovatif terutama dengan storytelling kepada guru SD Muhammadiyah Pakel Program Plus. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ToT atau Training of Trainer dengan hasil (1) terjadi peningkatan pemahaman guru TK tentang pinsip dan teknik pengajaran Bahasa Inggris dengan storytelling pada semua guru (2) terjadi peningkatan pemahaman mengenai cerita yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris dengan storytelling (3) terjadi peningkatan motivasi dan sikap positif pada guru untuk mengajar Bahasa Inggris dengan storytelling (4) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengajar dengan storytelling. Dengan bertambahnya pengetahuan, ketrampilan motivasi dan sikap positif guru untuk menerapkan storytelling dalam pengajaran bahasa Inggris di kelas maka kompetensi guru dalam pengajaran dapat meningkat.

 


Keywords


guru sekolah dasar; pengajaran Bahasa Inggris untuk anak; storytelling.

Full Text:

PDF

References


S. Maili and W. Hestiningsih, “Masalah-masalah pembelajaran bahasa Inggris pada sekolah dasar,” Media Peneliti Pendidik. 2017. Vol. 11, no. 2, pp. 54–63,

A. Komariah and N. Halimah, “Ragam Pemanfaatan Buku Teks Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kota Bitung Sulawesi Utara,” J. Ilm. Iqra’. 2022. Vol. 16, no. 2, pp. 180–196.

E. Demir and A. B. Toplu, “Is Teaching English to Young Learners through Interactive Storytelling More Effective than Digital Storytelling?,” İstanbul Aydın Üniversitesi Eğitim Fakültesi Derg. 2021. Vol. 7, no. 1, pp. 209–222,

H. P. T. Le, “Storytelling and Teaching English to Young Learners: A Vietnamese case study,” 2020.

A. Wright, Storytelling with children. Oxford University, 1995.

A. Papadaki, E. Karagianni, and A. M. Driga, “The role of Digital and Traditional Storytelling on Teaching English to Young Learners-Detecting Gender Stereotypes in Fairy Tales,” TechHub J. 2023. Vol. 6, pp. 136–148.

D. E. A. San Martin, M. R. Ramirez-Avila, and I. Guzman, “Storytelling through Picture Description to Enhance Very Young EFL Learners’ Oral Production,” J. Foreign Languange Teach. Learn. 2020. Vol. 5, no. 2, , doi: 10.18196/ftl.5250.

I. Riyani, “Utilizing storytelling technique using finger puppet in teaching vocabulary mastery to young learner,” J. JOEPALLT (Journal English Pedagog. Linguist. Lit. Teaching). 2019. Vol. 7, no. 1.

S. S. Cahyati, A. Parmawati, and N. S. Atmawidjaja, “Optimizing English teaching and learning process to young learners (a Case Study in Cimahi),” J. Educ. Expert. 2019. Vol. 2, no. 2, pp. 107–114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Iin Inawati, Nur Fatimah, Soviyah Soviyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License