Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran berbasis Integrasi 3D dan AR di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Adhy Kurnia Triatmaja, Pramudita Budiastuti, Fanani Arief Ghozali

Abstract


Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis integrasi 3D (tiga dimensi) dan AR (Augmented Reality) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi terkini. Pelatihan ini melibatkan guru-guru SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang memiliki minat dan potensi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pelatihan praktis yang dilakukan secara intensif selama dua minggu. Peserta pelatihan diajarkan tentang konsep dasar 3D dan AR serta langkah-langkah praktis dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan teknologi ini. Evaluasi dilakukan melalui uji coba pembuatan media pembelajaran oleh peserta pelatihan serta penilaian dari pengajar dan ahli media pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan teknologi integrasi 3D dan AR untuk pembelajaran. Implikasi dari pelatihan ini adalah bahwa penggunaan teknologi integrasi 3D dan AR dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Keywords


Pelatihan, Media Pembelajaran, Integrasi 3d, AR, SMK

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2019). Augmented Reality in Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(14), 72-91.

Cahyono, A., & Yudhanegara, M. R. (2020). Augmented Reality for Vocational High School Education: A Review. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 042014.

Fitriani, A., Setiawan, A., & Putra, R. S. (2021). Enhancing Vocational High School Students' Learning Outcomes using Augmented Reality Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1820(1), 012031.

Syafrizal, H., Murni, D., & Zulkardi. (2018). The Development of Mathematics Learning Media Based on Augmented Reality for Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 012027.

Sulistiyo, U., & Helsa, Y. (2020). Augmented Reality Application for Practical Training in Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1447(1), 012015.

Lestari, N. A., Siregar, N. S., & Ashari, A. (2021). Designing Augmented Reality-Based Learning Media to Improve Students' Learning Motivation and Cognitive Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1820(1), 012030.

Widyanto, R. E., & Anggraeni, A. R. (2020). The Effectiveness of Augmented Reality Media for Vocational High School Students in Chemistry Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 022008.

Cahyono, A., & Prabowo, H. A. (2019). Development of Augmented Reality Media to Improve Students' Learning Outcomes in Physics Subject. Journal of Physics: Conference Series, 1402(5), 055005.

Mardiyana, E., Wati, E. M., & Maulidya, I. (2018). The Development of Augmented Reality Media for Practicum to Improve Science Process Skill and Cognitive Learning Outcome in Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 012094.

Sutiarso, S., & Dachyar, M. (2021). The Effect of Augmented Reality Media on Students' Learning Motivation and Achievement in Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1820(1), 012029.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adhy Kurnia Triatmaja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License