Pelatihan gangguan emosi dan perilaku pada siswa smkn 4 yogyakarta

Annisa Annisa, Windy Aristiani, widea rossi desvita, rachmagreta perdana putri, Irma Irgiani, Devina Nasywa, Nashifa Salwa, Widya Aryana, Pramestika Tri Fionandari

Abstract


Gangguan emosi dan perilaku merupakan permasalahan psikiatri yang sering terjadi pada siswa usia sekolah. Gangguan emosi dan perilaku sulit dikenali oleh diri sendiri maupun lingkungan karena kurangnya pengetahuan dan sering dianggap sebagai suatu respon  emosional yang lazim yang bukan merupakan permasalahan kesehatan. Kurangnya pengetahuan dan pendampingan terhadap perubahan perilaku dapat menyebabkan penyimpangan sosial pada remaja. Upaya pencegahan gangguan emosi dan perilaku remaja dapat dilakukan dengan pengenalan perkembangan emosi, perilaku, dan sosial. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu mengenali dan menghadapi segala perubahan emosi pada setiap tahapan perkembangan dengan bijaksana untuk meningkatkan kesadaran diri dalam menghadapi permasalahan yang terjadi. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan penyuluhan mengenai gangguan emosi, cara mengekspresikan dan mengelola emosi. Pelatihan mendengar aktif secara roleplay juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi teman sebayanya. Dasi hasil kegiatan yang diikuti oleh 100 peserta didapatkan adanya peningkatan pemahaman siswa (60%) mengenai perubahan emosi pada remaja yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari rerata nilai pretes (88,48) dan rerata postes kegiatan (92,42). Kegiatan ini diharapkan dapat membekali siswa dalam mengenali perubahan emosi, mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat, dan mengoptimalkan potensi diri untuk manajemen emosi yang baik

Keywords


emosi; gangguan; perilaku; remaja

Full Text:

PDF

References


Berk LE. Development Through The Lifespan: Dari Prenatal Sampai Remaja (Transisi Menjelang Dewasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012

Fabianus F. Mendengarkan Sebagai Model Komunikasi Untuk Memahami Remaja. Jurnal Psikologi Psibernetika. 2016; Vol.9;No.2

Geriadi M. Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Perasaan Putus Cinta pada Remaja Kelas 3 di SMA 3 Salatiga. Skripsi. Salatiga: Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana. 2017

Gruber J, Villanueva C, Burr E, Purcell JR, Karoly H. (2019). Understanding and Taking Stock of Positive Emotion Disturbance. Soc Personal Psychol Compass. 2020 Jan;14(1):e12515. doi: 10.1111/spc3.12515. Epub 2019 Dec 11. PMID: 37636238; PMCID: PMC10456988.

Hanum H., Hirmaningsih. Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi; 2019; Vol 15; No. 2

Perrotta G, Fabiano. Behavioural disorders in children and adolescents: Definition, clinical contexts, neurobiological profiles and clinical treatments. Open J Pediatr Child Health 6(1): 2021; 005-015. DOI: 10.17352/ojpch.000030

Maxwell E, Adaugo O. Influence of Emotional Behavioural Disorder on Academic Performance of Junior Secondary School Students in Rivers State. Inno. Psychology & Social Development 2019; 7(2): 114-121

National Council for Special Education. The Education of Students with Challenging Behaviour arising from Severe Emotional Disturbance/ Behavioural Disorders.ncse. 2012

Novie W, Siti S. Kompetensi emosi pada remaja. Psychological Journal: Science and Practice. 2021; 1. 16-22. 10.22219/pjsp.v1i1.15828.

Ogundele M. O. Behavioural and emotional disorders in childhood: A brief overview for paediatricians. World journal of clinical pediatrics, 2018; 7(1), 9–26. https://doi.org/10.5409/wjcp.v7.i1.9

Siti A. Pentingnya mengembangkan ketrampilan mendengarkan efektif dalam konseling. J.Edu.IIECT; 2018; Volume 4 Nomor 2, November 2018, Hlm 108-114

Sri Idaiani dan Edduar IR. "Sistem Kesehatan Jiwa di Indonesia: Tantangan untuk Memenuhi Kebutuhan," Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, pp. 2018; 70-80.

Syahril M., Kaimudin, Mhd. Perilaku Penyimpangan Sosial Pada Kalangan Remaja Kelurahan Akehuda Kota Ternate Utara. Jurnal Geocivic. 2.2019; 10.33387/geocivic.v2i2.1472.

Wahab N, Othman M, Muhammad N. Emotional Disorders and Effects on Student Behavior. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences . 2017; Vol. 7, No. 8

Yuniar, D., & Darmawati, I. Dukungan Keluarga Berhubungan dengan Kecerdasan Emosional Remaja. Jurnal Keperawatan Komprehensif., 2017; 3(1),. 9-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Annisa, Windy Aristiani, widea rossi desvita, rachmagreta perdana putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License