Pendampingan Upaya Peningkatan Kualitas Hasil Penanaman Rimpang Jahe di Dusun Tegalsari, Kulon Progo

Siti Fatmawati Fatimah, Nining Sugihartini, Ichwan Ridwan Rais, Dini Mayank Sari, Asti Rizqi Saputri, Namila Hidayatul Anjani

Abstract


Dukuh Tegalsari termasuk wilayah Desa Purwosari Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo terletak di dataran tinggi dengan kondisi tanah subur dan terdapat banyak lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk penanaman tanaman herbal rimpang jahe. Oleh karena itu berbagai upaya peningkatan kualitas hasil budidaya jahe perlu dilakukan. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan budidaya rimpang jahe khususnya pada tahapan penanaman dan pemeliharaan tanaman rimpang jahe. Kegiatan diawali dengan mengundang pakar dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Balai Pengembangan Perbenihan dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Pertanian. Pada diskusi diberikan penilaian terhadap hasil panen sebelumnya. Tahap kedua diberikan pemaparan terkait penanaman dan pemeliharaan tanaman jahe. Hasil panen jahe sebelumnya menunjukkan jahe yang dihasilkan segar (tidak busuk) dan bebas hama. Hasil panen terbaik berdasarkan berat rimpang diperoleh dari Dasawisma Bugenvil yaitu 2,43 kg. Rata-rata kenaikan pemahaman materi penanaman dan pemeliharaan tanaman jahe yaitu 36,96%. Peningkatan lonjakan pengetahuan terbesar (38,5%) terdapat pada materi mutu pupuk, penggolongan pupuk, pemeliharaan pupuk dan pemeliharaan tanaman jahe. Pengabdiaan masyarakat melalui penyuluhan dan praktik singkat dalam pemanenan, penanaman dan pemeliharaan tanaman jahe terbukti lebih efektif dan dapat meningkatkan kemampuan warga dalam memahami materi, serta memberikan nilai kemanfaatan karena dapat diaplikasikan langsung oleh masyarakat setempat.


Keywords


pemanenan, penanaman, pemeliharaan, rimpang jahe.

Full Text:

PDF

References


Sugihartini N, Astuti E, Zainab. Swamedikasi Didorong, Manfaatkan Tanaman Obat.

Sugihartini N, Erna Astuti, Zainab. Penyuluhan Manfaat dan Pengolahan Tanaman Obat Keluarga di Dusun Tegalsari Kulon Progo. J Abdimas Mahakam. 2021;5(01).

Zainab, Nining S, Astuti E, Putri Rahma N. Profil Jenis Tumbuhan Obat dan Penyakit yang Diderita Warga Dusun Tegalsari, Kulon Progo, Yogyakarta. Proseding Semin Nas Has Pengabdi Kpd Masy Univ Ahmad Dahlan. 2021;1627–33.

Nining S, Astuti E, Zainab. Budidaya Tanaman Jahe di Tegalsari Kulon Progo. Proseding Semin Nas Has Pengabdi Kpd Masy Univ Ahmad Dahlan. 2022;828–34.

Kurnianingsih A, Sudradjat, Sudirman Yahya, Suryo Wiyono, Happy Widiastuti. Optimalisasi Produksi dan Pertumbuhan Tanaman Jahe pada Beberapa Naungan. J Hortik Indones. 2022;13(3).

Triyono K, Sumarmi. Budidaya Tanaman Jahe Di Desa Plesungan Kecamatan Gondangrejo Kab. Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Adiwidya. 2018;II(2).

Sunaryo W, Rizqullah, Bayu DR, Tatik. Pengaruh Jenis Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Dan Kadar Gingerol Pada Dua Jenis Jahe (Zingiber officinale). J Produksi Tanam. 2018;6(Vol 6, No 8 (2018)).

Rusmin D, Suhartanto Mr, Ilyas S, Manohara D, Widajati E. Pengaruh Umur Panen Rimpang Terhadap Perubahan Fisiologi Dan Viabilitas Benih Jahe Putih Besar Selama Penyimpanan. J Penelit Tanam Ind. 2016;21(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Fatmawati Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License