Pengenalan media pembelajaran quizizz dan canva untuk guru junior high school di SSVS Hatyai, Thailand

Murinto Murinto, Agus Akhtawan, Dedi Wijayanti

Abstract


Salah satu tim yang melakukan PkM dengan memperkenalkan media pembelajaran secara online adalah Tim Pengabdian kepada Masyarakat Internasional yang dilakukan oleh satu Tim PkM yang mengadakan PkM di Thailand yaitu Tim yang terdiri dari 2 dosen FTI dan 1 dosen dari FKIP. PkM internasional merupakan program pengabdian dosen-dosen UAD agar bisa berkiprah di level internasioanl. Ini merupakan program dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD). PkM dalan bentuk Pelatihan diadakan yang diadakan pada tanggal 02 dan 03 Agustus 2023. Kegiatan PkM Internasional ditujukan bagi guru-guru di Songserm Sasana Vittaya School (SSVS), Hat Yai, Thailand.  Permasalahan yang terjadi pada guru-guru SSVS adalah belum semua guru memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi literasi digital yaitu Canva dan Quizizz. Sebelum pelatihan dilakukan terlebih dahulu koordinasi dan persiapan pelatihan. Pelatihan diikuti oleh 15 peserta, merupakan guru-guru dari berbagai mata Pelajaran yang ada di SSVS Junior High School.  Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk offline bertempat di ruang laboratorium komputer SSVS. Disamping pelatihan dilakukan secara offline, setelah pelatihan juga dilakukan pendampingan. Monitoring dan evaluasi adalah bagaimana guru-guru mengimplementasikan apa yang sudah diajarkan saat pelatihan. Pemantauan secara daring oleh Tim. Pelatihan memberikan dampak cukup besar yaitu 93% para guru merasa lebih mudah menggunakan aplikasi yang diajarkan merasa puas.


Keywords


Canva;Quizizz;SSVS;Thailand

Full Text:

PDF

References


Sakdiyah YL. Pengelolaan Arsip Pada Unit Tata Usaha di SMA Al-Islam Krian. J Inspirasi Pendidik [Internet]. 2014;4(4):40–8.

Kusmanto H. Tata Kelola Program Gerakan Literasi Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Sragen. Manaj Pendidik. 2022;17(1):62–75.

Nugroho RS, Arfa M. Pengelolaan Dokumen Digital Pendaftaran Pangan Olahan di Direktorat Registrasi Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan Jakarta. Anuva J Kaji Budaya, Perpustakaan, dan Inf. 2021;5(1):101–12.

Ayunia Lestari P, Nurhikmah E, Farhani F, Pauziah H, Winati I, Ayunda Rahmaputri Isnawan O, et al. Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indones J Community Serv Eng Educ. 2022;2(1):47–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License