Mobile learning sebagai media pendukung pembelajaran literasi dan numerasi di SMK Muhammadiyah Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta
Abstract
Hasil survei terkait literasi, numerasi, dan penggunaan Google Apps For Education (GAFE) di sekolah, melalui program Kampus Merdeka, menggambarkan tantangan bagi siswa dan guru dalam meningkatkan keterampilan tersebut. Di SMK Muhammadiyah Kalibawang, hasil observasi menyoroti keterbatasan guru dalam menyajikan materi daring secara optimal dan kurangnya kemampuan dalam merancang konten dan metode pembelajaran yang modern. Kendala juga terjadi pada akses teknologi mobile learning atau e-learning, hal ini menghambat siswa dalam mengakses sumber belajar digital.
Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Informatika dari Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan serangkaian kegiatan PKM. Kegiatan meliputi Pra-Pelatihan dengan kuesioner untuk menilai kemampuan awal guru, Pelatihan langsung kepada guru dan siswa, Pendampingan untuk membimbing guru dalam mengerjakan proyek, dan Evaluasi untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.
Salah satu hasil PKM adalah Aplikasi Literanum berbasis Mobile Learning sebagai tools e-Learning, yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam teknologi informasi dan pembelajaran inovatif. Respon positif dari peserta pelatihan menunjukkan kebutuhan mendesak dan manfaat program ini, yang terefleksi dari peningkatan pemahaman peserta sebesar 83%. Hasil pengabdian juga dipublikasikan melalui berbagai media massa online, jurnal nasional dan Video Youtube.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, & Nizmah Maratos Soleha. (2019). Pentingnya Pendidikan bagi manusia. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Qamila, F., & Rosyada, D. (2019). Model KELAS multidimensional: Inovasi
Pembelajaran abad 21 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. EDUSAINS, 11(1), 99–104. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.11654
Astuti, I. A., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media
pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Network, F. N. (n.d.). Literasi Dan Numerasi Dalam transformasi Dunia Pendidikan
Indonesia. FNN. Retrieved May 12, 2022, from http://fnn.co.id/post/literasi-
dan-numerasi-dalam- transformasi-dunia-pendidikan-indonesia
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (n.d.). Pengaruh kurangnya literasi
serta Kemampuan Dalam Berpikir kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan di
Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal. Retrieved May
, 2022, from https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685/pdf
Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran mobile learning UNTUK SISWA SMA. Jurnal
Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 38. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2851
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 dwi normawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License