Meningkatkan Skill Berwirausaha Generasi Muda dengan Mengikuti Program Wirausaha Merdeka di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fadhilah Mutiara Pertiwi, Rina Trisnawati

Abstract


Perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang cepat berpengaruh pada permintaan pasar dan pasar tenaga kerja. Upaya pemerintah dalam Pembangunan jangka menengah adalah dengan memperbanyak sektor wirausaha. Karena wirausaha dapat membuka peluang pekerjaan dan mengurangi pengangguran di Indonesia. Namun, kegagalan sering terjadi karena kurangnya Skill berwirausaha. Jika situasi ini terus berlanjut peluang kerja dan pengangguran akan meningkat. Maka pemerintah membuat program Wirausaha Merdeka bagi mahasiswa yang dapat memberikan kesempatan untuk mendirikan usaha dan menambah Skill berwirausaha agar usaha tersebut tidak gagal dan dapat membuka peluang pekerjaan untuk masyarakat. Metode pelaksanaannya dengan rangkaian workshop, magang UMKM, memberikan dana melalui pitching produk, dan Expo. Hasil dari program Wirausaha Merdeka ini sukses menghasilkan kelompok usaha baru di bidang fashion yaitu “tumbaswear” serta menambah Skill berwirausaha yang nantinya dapat mempertahankan usaha dan membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Keywords


Skill Wirausaha; Wirausaha Merdeka; Fashion tumbaswear

Full Text:

PDF

References


Risnawati N. PROFIL UMK, PERMASALAHAN DAN UPAYA PEMBERDAYAANNYA. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. 2019 Nov 25;9(2):145–61.

Misnawati M, Abdul Aziz, Anwarsani A, Siti Rahmawati, Petrus Poerwadi, Nirena Ade Christy, et al. PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK ANAK TUNARUNGU DENGAN PEMBUATAN SELAI NANAS. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2022 Mar 1;1(10):2823–42.

Jamu ME, Tauk AC. Pemberdayaan Masayarakat Desa Watu melalui Kewirausahaan. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2023 Mar 13;4(1):37–43.

Pradana BI, Safitri R. Pengaruh Motivasi Wirausaha dan Mental Wirausaha terhadap Minat Wirausaha. IQTISHODUNA. 2020 Apr 25;16(1):73–82.

Sukardi. Analisis Kompetensi Kewirausahaan Mahasiswa Menggunakan ServQual: Ke Arah Perbaikan Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Journal of Classroom Action Research. 2022 Jan;

Suryana. Kewirausahaan. Pertama. Jakarta: Salemba Empat; 2001.

Muhammad Ali. Kamus Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa; 1998.

Ahmad FIrman, Aditya Halim Perdana Kusuma Putra. The Effect of Social Media Utilization, Campus Environment and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Point of View Research Management. 2020 Nov;1.

Tommy Suprapto. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress; 2009.

Susi Hendriani, Soni A. Nulhaqim. Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mitra Binaan PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia 1 Cabang Dumai. Jurnal Kependudukan Padjajaran. 2008 Jul;10:158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fadhilah Mutiara Pertiwi, Rina Trisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License