Implementasi project-based learning materi mekanika SMA dengan media roket air telemetri berbasis IoT

Damar Yoga Kusuma, Qonitatul Hidayah, Joko Purwadi

Abstract


Menurunnya minat dalam pembelajaran Sains dan Fisika menjadi tantangan umum yang dihadapi oleh sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Lemahnya pemahaman siswa/siswi di bidang Sains dan Fisika ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain; (1) kurangnya minat terhadap subjek, (2) metode pembelajaran yang kurang menarik, dan (3) kurangnya koneksi antara materi teori dengan aplikasinya di dunia nyata. Oleh karena itu rancangan pembelajaran Sains dan Fisika yang menarik sekaligus terkoneksi dengan aplikasi di dunia nyata perlu dilakukan dengan implementasi Project-Based Learning (PjBL). Dalam implementasi PBL ini, media Roket Air Telemetri berbasis Internet of Things (IoT) digunakan untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa/siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta terkait materi Mekanika Klasik dan Mekanika Fluida. Metode yang digunakan meliputi; (1) pendampingan penyusunan materi PBL bagi Guru MGMP Fisika se-DIY, (2) demonstrasi PBL dengan media Roket Air Telemetri berbasis IoT kepada siswa, dan (3) pengukuran indeks penguasaan materi siswa/siswi sebelum dan sesudah implementasi PBL. Dari hasil implementasi PBL ini didapatkan peningkatan pemahaman siswa/siswi yang signifikan pada materi Mekanika Klasik dan Mekanika Fluida dengan rerata indeks pemahaman mula-mula pada angka 49,08% meningkat menjadi 73,02% setelah implementasi PBL. Dari hasil program tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan PBL efektif untuk meningkatkan indeks pemahaman siswa/siswi di bidang Sains dan Fisika sehingga dapat digunakan sebagai pilot project dalam inovasi pembelajaran Sains dan Fisika untuk dapat diimplementasikan lebih luas kepada seluruh SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta.

Keywords


Project-based learning, roket air, telemetri, mekanika klasik, mekanika fluida

Full Text:

PDF

References


Aprillia. Riskan Qadar, and Shelly Efwinda. Using Revised Bloom's Taxonomy to Evaluate the Cognitive Levels of Questions in Indonesian High School Physics Textbooks. International Journal of STEM Education for Sustainability. 2023; 3(1); 195-211.

Hidayah Q, Salamah U, dan Sasono M. Analisis Uji Peluncuran Roket Air berbasis Carbon Fiber menggunakan Sistem Telemetri. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika (JTAF). 2022; 10(1); 81-88.

Hidayah Q, Salamah U, dan Pratama YW. Simulation of Land Movement Detection System Using Accelerometer Sensors and Fiber Optic. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2022; 12(1); 24-33.

Salamah U, Hidayah Q, Handayaningsih S, Kusuma DY, Praja ARI. Solar Electricity Generating Technology as a Power Supply Automatization of Deep Well Water Pumps in Gunungkidul, Indonesia. Indonesian Journal of Innovation and Applied Sciences. 2022; 2(2); 93-97.

Yang J, Li JB dan Lin G. Soil Dynamics and Earthquake Engineering. 2006; 26; 725-734.

Seifert K dan Camacho O. NXP Freescale Semiconductor Application Note. AN3397. 2007; 1-13

Kangas M, Konttila A, Winblad I dan Jamsa T. Proc. 29th Ann. Int. Conf. IEEE EMBS. 2007; 054; 1367-1370.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Damar Yoga Kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License