Catur magot center (cmc) kelurahan caturharjo (pengelolaan sampah organik berbasis komunitas)

Adhitya Rechandy Christian, Rikha Muftia Khoirunnisa, Indro Prastowo, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro

Abstract


Permasalahan Sampah di Wilayah Yogyakarta masih menjadi isu serius untuk segera ditangani, hal tersebut terlihat ketika penutupan TPS Piyungan berdampak menggunungnya sampah yang ada di Wilayah Yogyakarta. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan solusi permasalahan sampah dengan model pengelolaan sampah secara terpadu dan budidaya maggot untuk penanggulangan permasalahan sampah. Mitra pada pengabdian ini adalah Desa Caturharjo, Pandak, Bantul. Solusi atas permasalahan sampah tersebut adalah dengan menggunakan model pengelolaan sampah dengan mengintegrasikan unit satu dengan yang lain untuk pengelolaan sampah organik dan anorganik. Dengan metode pelatihan tata kelola komunitas budidaya maggot melalui Badan Usaha Milik Kalurahan yang memiliki Lab. Pengelolaan Sampah Terpadu di Dusun Kuroboyo. Pengabdian ini dilaksanakan pada 8 Agustus 2023 dan 14 Oktober 2023 dengan luaran pada PKM ini adalah terbentuknya komunitas Maggot Center masyarakat Desa Caturharjo dan Peningkatan Kapasitas Penglolaan sampah.


Keywords


sampah; pengelolaan terpadu; budidaya maggot

Full Text:

PDF

References


] Bintarto, R. (1997). No Title. In Geografi kota, pengantar (cetakan pertama).

] Christian, A.R & Sulistiyani, Tina. 2021. Pengantar Manajemen Bisnis. UADpress. Yogyakarta.

] Silmina, D., Edriani, G., & Putri, M. (2011). Efektifitas Berbagai Media Budidaya Terhadap Pertumbuhan Maggot Hermetia illucens

] Fauzi, R. U. A., & Sari, E. R. N. (2018). Analisis Usaha Budidaya Maggot sebagai Alternatif Pakan Lele. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 7(1), 39–46.

] Fahmi, M. R. (2015). Optimalisasi proses biokonversi dengan menggunakan mini-larva Hermetia illucens untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, Vol. 1, pp. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010124

] Makkar HP, Tran G, Heuze V, A. P. (2014). State of the Art on Use of Insects as Animal Feed Ani Feed Sci Technol. 197:1-33.

] Leanza Mediaproduktion GmbH. (2017). Proses Pengolahan Sampah Organik dengan Black Soldier Fly (BSF) Panduan langkah-langkah lengkap (P. Donahue (Ed.)). Eawag – Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology Department of Sanitation, Water and Solid Waste for Development (Sandec) Überlandstrasse 133, 8600 Dübendorf, Switzerland.

] Sheppard, D. C., & Newton, G. L. (2000). Valuable By-Products of a Manure Management System using the Black Soldier Fly - A Literature Review with Some Current Results. International Symposium; 8th, Animal, Agricultural and Food Processing Wastes.

] Kis, D. (2018). Beternak Maggot Black Soldier Fly. Agro Media Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adhitya Rechandy Christian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License