Pelatihan Penyusunan Instrumen Kognitif dan Analisis Kualitas Butir Instrumen dengan Teori Tes Modern Guru Ismuba SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta

Hanif Cahyo Kistoro, nur anisyah rachmaningtyas, pribawa E pantas

Abstract


Penilaian kognitif merupakan salah satu cara mengertahui tingkat kemampuan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Kemampuan siswa akan tercermin dari bagaimana alat ukur yang baik mampu menunjukkan profil sesungguhnya. Tetapi pada prakteknya tidak semua guru memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian kognitif dengan baik hingga melakukan analisis dengan tepat. SD Muhammadiyah Karangkajen Kota Yogyakarta merupakan salah satu bagian dari amal usaha Muhammadiyah. Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam terkait dengan penyusunan instrumen dan analisis hasil penilaian agar mencerminkan karakteristik siswa.  Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru Ismuba dan dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan, praktek langsung, dan pendampingan. Rancangan kegiatan dilakukan secara bertahap menjadi 4 kali pertemuan pada tanggal 08 Maret dengan dua sesi pertemuan dan tanggal 24 April 2024 dengan memberikan kegiatan konsultasi dan pendalaman melalui praktik penyusunan soal. Pelatihan dikatakan berhasil karena telah memenuhi ketika kriteria penilaian berupa a) pelatihan dihadiri oleh peserta yang ditunjukkan dengan target aktivitas diatas 80%, b) penilaian sikap atau respon dari pihak mitra pelatihan terhadap pelaksanaan pelatihan pada tim pengabdi diatas 80%, serta c) keberhasilan produk dari pelatihan dari peserta diatas 80%. Mitra pengabdian membantu mengkoordinir dan mengarahkan kepada guru-guru Ismuba untuk mengikuti pelatihan dan menyelesaikan produk hasil pelatihan dengan baik. Hasil pelatihan ini diharapkan menjasi suatu panduan dasar dalam memberikan peningkatan kompetensi profesional guru. 

 


Keywords


Analisis; Instrumen Kognitif; Pelatihan; Teori Tes Modern

Full Text:

PDF

References


Nimah I, Suntarti N. Manajemen Mutu Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. 01(02).

Primayana Kh, Dewi Pya. Manajemen Pendidikan Dalam Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital. 2021;19.

Latipah E, Kistoro Hca. Psikologi Pendidikan. 1st Ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2021.

Gusman Ba, Kistoro Hca. Strategy Of Islamic Religious Education Teachers In Cultivating Islamic Character During The Covid-19 Pandemic. Al Qalam. 2021;38(2):209–24.

Kurnianingsih E. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. 2017;1(1).

Mardapi D. Penilaian, Pengukuran Dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing; 2017.

Retnawati H. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing; 2016.

Suyata P, Mardapi D, Kartowagiran B. Identifikasi Need Assessment: Studi Awal Model Pengembangan Bank Soal Berbasis Guru Di Provinsi Diy. 2010;40.

Azwar S. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2012.

Retnawati H. Pendeteksian Keberfungsian Butir Pembeda Dengan Indeks Volume Sederhana Berdasarkan Teori Respons Butir Multidimensi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. 2013 Dec 15;17(2):275–86.

Ru’iya S. Peningkatakan Kemampuan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama Dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Se Kulon Progo [Internet]. Open Science Framework; 2019 Oct [Cited 2023 Aug 21]. Available From: Https://Osf.Io/U2s57

Adi Hc, Zulvia M, Asyha Af. Studi Kompetensi Guru Dan Linieritas Pendidikan Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 1 Gunung Tiga Dan Sd Negeri 1 Ngarip Lampung. Atjpi. 2020 Jan 30;10(2):245–55.

Hidayat R, Dyah M V, Ulya H. Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jkps [Internet]. 2019 Mar 30 [Cited 2023 Aug 21];4(1). Available From: Https://Ejurnal.Stkip-Pessel.Ac.Id/Index.Php/Kp/Article/View/394

Kistoro HCA, Hopid A. Penguatan Kemampuan Guru Dalam Melakukan Riset Ilmiah Di Sd Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. 2022;01(02).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanif Cahyo Kistoro, nur anisyah rachmaningtyas, pribawa E pantas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License