Peningkatan pengetahuan masyarakat mengelola lingkungan sehat untuk mengatasi darurat sampah di Kampung Cokrokusuman

Zuchrotus Salamah, Hadi Sasongko, Arief Abdilah Nurusman, Andini Ika Saputri, Anggun Lintang Permata Putri, Vetin Yumita Saroh

Abstract


Tumpukan sampah muncul di banyak tempat dapat mengakibatkan lingkungan tidak sehat, oleh karena itu diperlukan upaya edukasi mengenai sampah dan pengelolaan lingkungan sehat dengan memberdayakan masyarakat setempat. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat mengelola lingkungan sehat, meningkatkan kemampuan Masyarakat mengelola sampah organik. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan praktek. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi warga Cokrokusuman, tampak dari hasil evaluasi dengan membandingkan jawaban sebelum dan sesudah penyuluhan, setelah pelatihan masyarakat 100% memahami pengelolaan lingkungan sehat. Setelah mengikuti pelatihan pengetahuan mengenai takakura meningkat sebanyak 87.5 %. Setelah penyuluhan semua peserta memiliki ide/keinginan untuk menangani sampah yang ada di lingkungan, salah satunya adalah ide daur ulang sampah. Masyarakat juga berkeinginan membuat kompos dengan metode takakura. Seluruh proses kegiatan diikuti dengan antusias oleh semua peserta dan memberikan respon yang memuaskan, masyarakat tertarik untuk membuat kreasi pengelolaan sampah baik organik maupun anorganik.

 


Keywords


Cokrokusuman; Darurat sampah; Lingkungan sehat

Full Text:

PDF

References


Sutoyo, Edi., Ani, S., Sili, M. Upaya Peningkatan Pemahaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terkait Pengelolaan Sampah di Lingkungan Masyarakat Desa Leuwisadeng. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 2020; 4(1):13-20.

Mardiana, Siska., Rethorika Berthanila., Marthalena., Muhammad Ryan Rasyid. PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT MENGENAI PENGELOLAAN PEMBUANGAN DAN PEMILAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KALIGANDU KOTA SERANG. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2019; 1(2): 79-88.

Tamyiz, Muchammad., Laily Noer Hamidah., Atik Widiyanti., dan Ardhana Rahmayanti. Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Journal Of Science and Sosial Development. 2018; 1(1): 16-23.

Latifatul, Fikri. N., Afriezal., Auliya., dan Kholid Rosyidi Muhammad Nur. Pengaruh Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non Organik Serta Manajemen Sampah Terhadap Penurunan Volume Sampah di Dusun Krajan Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember. The Indonesian Journal of Health Science. 2018. Edisi Khusus

Ruslinda, Y. Pengelolaan Sampah Kering Layak Jual Dengan Sistem Bank Sampah Di Kampus Universitas Andalas Padang. Jurnal Dampak. 2014; 11(2): 96-109.

Rimantho, D. Peningkatan Pemahaman Dalam Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah di Desa Tempur Kecamatan Keling. Jurnal JANATA. 2023; 2(2): 54–61.

Restuaji, Fery Eko Pujiono, Tri Ana Mulyati, Prima Agusti Lukis. Penyuluhan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. JCEE. Journal of Community Engagement and Employment. 2019; 1(1):34-39.

Rohyani, Ahmad Jupri, Hilman Ahyadi, Rachmawati Noviana Rahayu. Sosialisasi Pengelolaan Sampah Domestik di Kelurahan Gomong Mataram. Jurnal Pengabdian Magister IPA. 2022; 5(4): Oktober-Desember 2022

Kurniawan dan Ahmad Zaenal Santoso. Pengelolaan Sampah di daerah Sepatan Kabupaten Tangerang. ADI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. 2010; 1(1).

Hananingtyas, Izza., Mellyania Kencana Dewi., Nurul Fadhillah Kundari., Mala Zelika Yahya Putri., Qonita Nur Salamah., Putri Mulia Hayati Sibarani., dan Eva Safitri., Fidah Syadidurahmah. IMPLEMENTASI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK KOMPOS METODE TAKAKURA PADA MASYARAKAT DI TANGERANG SELATAN. AS-SYIFA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat. 2019; 1(2): 79-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zuchrotus Salamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License