Pengelolaan sampah rumah tangga dan inisiasi bank sampah

abdul choliq hidayat, Muhammad Hamdi, Purwoko Purwoko

Abstract


Permasalahan mitra di Kapanewon Gamping adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang pengelolaan sampah rumah tangga, pemilahan, pemanfaatan, dan bank sampah. Tujuan pengabdian untuk memberdayakan warga masyarakat tentang pemasalahan sampah rumah tangga di Desa Banyuraden, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman. Solusi yang diberikan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah  mengadakan penyuluhan terkait pengelolaan sampah rumah tangga. Penyuluhan dan pelatihan pemilahan sampah rumah tangga: sampah organik, dan sampah anorganik. Penyuluhan tentang kegiatan inisiasi awal Bank Sampah. Praktik pemanfaatan limbah kulit telur menjadi barang bernilai ekonomi dan bernilai jual. Praktik pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin beraroma terapi, barang yang dibutuhkan saat listrik PLN padam, Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 29 Pebruari, 1,2 dan 3 Maret 2024, bermitra dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kapanewon Gamping. Peserta berjumlah 23 orang yang mewakili Padukuhan di Kelurahan Banyuraden. Peserta membuat kerajinan berupa vas bunga yang diperindah kulit telur dan lilin beraroma terapi dari minyak jelantah. Secara ekonomi kegiatan ini menambah peningkatan wawasan keekonomian peserta. Mitra dan Peserta merasa puas dengan kegiatan ini dan berharap dilanjutkan dengan kegiatan lain hingga terbentuk Bank Sampah.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Sampah, Bank Sampah.

Keywords


Pengelolaan Sampah, Bank Sampah

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Asnifatima, A., Irfan, A. M., & Putri, K. A. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Cimanggu Satu. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3).

Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 5(1), 71-84.

Sulistyani, A. T., & Wulandari, Y. (2017). Proses Pemberdayaan Masyarakat Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Dalam Pembentukan Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(2), 146-162.

Neolaka, A. (2008). Kesadaran Lingkungan. Rineka Cipta.

Alex, S. (2012). Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik. Pustaka Baru Press.

Riswan, R., Sunoko, H. R., & Hadiyarto, A. (2011). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 9(1), 31-38.

Dewanti, M., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2020). Analisa Efektifitas Bank Sampah Sebagai Alternatif Pengelolaan Sampah Dalam Mencapai Smart City Di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 21-29.

Jim, I., & Tesoriero, F. (2006). Community Devolopment: Community Based Alternatives In An Age Of Globalisation. French Forest.

Korten, D. C. (1984). People Centered Development: Contribution toward Theory and Planning Frameworks. Kumarian Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 abdul choliq hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License