Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi bagi guru SMP di SuanSanti School Bangkok Thailand

soffi widyanesti priwantoro, arilia triyoga, inas amalia putri

Abstract


Pembelajaran saat ini bergantung dari teknologi yang dijadikan alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dikarenakan Perkembangan teknologi di bidang Pendidikan saat ini terus mengalami kemajuan. Namun, berdasarkan hasil survei, pelatihan yang ada belum memadai untuk mendukung dalam pembuatan media berbasis teknologi untuk proses pembelajaran bersama dengan peserta didik. Hal ini pun terjadi di Suan Santi School Bangkok Thailand, khususnya pelatihan di bidang teknologi bagi guru Sekolah Menengah Pertama. Mengingat perlunya memperkuat kemampuan guru dibidang teknologi termasuk salah satunya Augmented Reality (AR) yang makin marak digunakan pada proses pembelajaran sehingga hal ini menjadi motivasi bagi tim untuk mengadakan pelatihan.  Kegiatan pelatihan yang dilakukan berupa pelatihan mengenai media pembelajaran yang berbasis teknologi. Kegiatan ini dilakukan secara virtual yang diikuti oleh 17 guru dari Suan Santi School Bangkok Thailand. Sebelum dimulai pelatihan tim memberikan pretest mengenai kemampuan guru dalam memahami teknologi yangsedang marak dan sesudah pelatihan tim memberikan posttest untuk melihat adakah peningkatan dari pengetahuan yang dimiliki oleh guru. Dilihat dari hasil tes terlihat ada kenaikan pengetahuan yaitu dari rata-rata 36,36 yang menjawab benar menjadi 70,09.


Keywords


Pembelajaran; teknologi,;Augmented Reality

Full Text:

PDF

References


Akarawang C, Kidrakran P, Nuangchalerm P. Enhancing ICT Competency for Teachers in the Thailand Basic Education System. International Education Studies. 2015;8(6):1-8.

Anggeraini Y, Faridi A, Mujiyanto J, Bharati DA. Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. InProsiding Seminar Nasional Pascasarjana 2019 (Vol. 2, No. 1, pp. 386-389).

Assemblr. Assemblr-Visualize Ideas in 3D and AR. https://id.edu.assemblrworld.com/ how-it-works.2023

Banjarnahor YD, Tarigan D. Nearpod-based interactive learning media in improving learning outcomes of Class V Elementary School students. Indonesian Journal of Advanced Research. 2023 Jun 30;2(6):767-78.

Daud A, Aulia AF, Ramayanti N. Integrasi teknologi dalam pembelajaran: Upaya untuk beradaptasi dengan tantangan era digital dan revolusi industri 4.0. InUnri Conference Series: Community Engagement 2019 Oct 11 (Vol. 1, pp. 449-455).

Eady M, Lockyer L. Tools for learning: Technology and teaching. Learning to teach in the primary school. 2013 May 6;71.

Fitria TN. Augmented reality (AR) and virtual reality (VR) technology in education: Media of teaching and learning: A review. International Journal of Computer and Information System (IJCIS). 2023 Feb 3;4(1):14-25.

Hamidi F, Meshkat M, Rezaee M, Jafari M. Information technology in education. Procedia Computer Science. 2011 Jan 1;3:369-73.

Hanıf A, Imran M. When technology-based learning is the only option: Evaluating perceived usefulness of social Media. Turkish Online Journal of Distance Education. 2022 Mar 3;23(2):107-19.

Lase D. Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan. 2019 Nov 7;12(2):28-43.

Lestari S. Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2018 Aug 10;2(2):94-100.

Kuncoro KS, Sukiyanto S, Irfan M, Amalia AF, Pusporini W, Wijayanti A, Widodo SA. Peningkatan literasi digital guru guna mengatasi permasalahan pembelajaran di era pandemi COVID-19. Abdi Wiralodra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022 Mar 21;4(1):17-34.

Machmud MT, Widiyan AP, Ramadhani NR. The Development and Policies of ICT Supporting Educational Technology in Singapore, Thailand, Indonesia, and Myanmar. International Journal of Evaluation and Research in Education. 2021 Mar;10(1):78-85.

Marufa SA, Rahmawati NA, Ramdini EH, Wailisa RA. Peningkatan aktivitas fisik berupa edukasi dan pendampingan senam hamil di desa Ngenep. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022 May 25;5:968-78.

Maulana M. Definisi, Manfaat, dan Elemen Penting Literasi Digital. Seorang Pustakawan Blogger. 2015;1(2):1-2.

Noonpakdee W, Phothichai A, Khunkornsiri T. The readiness for moving toward digital thailand—a case study. International Journal of Information and Education Technology. 2018 Apr;8(4):273-8.

Nugraha RN, Remilenita S, Hidayah N. Model Perencanaan Metaverse Ar Di Taman Literasi Dalam Mengakses Buku Online. Jurnal Inovasi Penelitian. 2023 Jan 31;3(9):7531-8.

Özeren S, Top E. The effects of Augmented Reality applications on the academic achievement and motivation of secondary school students. Malaysian Online Journal of Educational Technology. 2023 Jan 24;11(1):25-40.

Rachmadtullah R, Setiawan B, Wasesa AJ, Wicaksono JW. Monograf Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. Cv. Eureka Media Aksara; 2022 Oct 28.

Raja R, Nagasubramani PC. Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research. 2018 May 10;3(1):33-5.

Huang R. Educational technology a primer for the 21st century. Springer Nature Singapore Pte Ltd.; 2019.

Sulistyarini W, Fatonah S. Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa). 2022 Mar 5;2(1):42-72.

Suphakicco PS. The Trends of Education after the COVID-19 Situation in Thailand. Education Quarterly Reviews. 2022 May 27;5(2).

Wittayasin S. Education challenges to Thailand 4.0. International Journal of Integrated Education and Development. 2017;2(2):29-35.

Dari SW, Setiawati S. The Relationship Of The Effectiveness On Communication In Learning And Active Participation Of Trainee At The West Sumatra Agricultural Training And Extension Center. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS). 2022 Feb 10;10(1):58-65.

Yuningrum H, Sahayati S, Krisdiyanto FJ. Pelatihan mendeley bagi mahasiswa tingkat akhir universitas respati yogyakarta. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022 Oct 10;3(4):667-71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 soffi widyanesti priwantoro, arilia triyoga, inas amalia putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License