Peningkatan kompetensi tenaga pengajar sanggar belajar dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kreatif

Imam Azhari, Sri Handayaningsih, Aris Thobirin, Fariz Setyawan

Abstract


Layanan Pendidikan Non-Formal (PNF) yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur untuk masyarakat Indonesia yang belum bersekolah atau memiliki ijazah, dihadapkan pada beberapa permasalahan, termasuk kurangnya latar belakang pendidikan guru pada sebagian pengajar, keterbatasan jumlah pengajar, dan keragaman jumlah siswa yang menyulitkan pengelolaan kelas. Solusi yang diajukan mencakup pelatihan bagi tenaga pengajar dalam berpikir logis dan kreatif, penguatan muatan keagamaan dalam kurikulum, serta pembekalan metode pembelajaran yang relevan. Respons positif terhadap upaya ini terlihat dari dukungan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan tenaga pengajar di seluruh SB, yang terwujud dalam antusiasme serta keterlibatan dalam pelatihan yang disediakan oleh SIKL

Keywords


Tenaga Pengajar, Kompetensi, Berpikir Logis, Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Suryani, I. (2021). Pendidikan nonformal bagi anak-anak migran di Indonesia. Jurnal Pendidikan Masyarakat: Kajian Teori dan Praktik, 3(1), 87-98.

Suprapto, S. (2017). Layanan Pendidikan Agama Islam bagi Anak-Anak Buruh Migran Indonesia di Kota Kinabalu Sabah Malaysia. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 15(3).

BAN PAUD/PNF (2022). Konsep Dasar Pendidikan Non-Formal (PKBM dan LKP), Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal. Diakses pada 12 Mei 2023 dari http://www.banpaudpnf.kemdikbud.go.id

Dewan Pendidikan UNESCO (2015). Education 2030: Incheon Declaration and Framework for Action. Diakses pada 12 Mei 2023 dari https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000233243

Azizah, R. (2022). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2), 223-233.

Baiq, D. R. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 122-130.

Luthfiyah, L., & Prastowo, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akademik terhadap Kinerja Guru di Sanggar Belajar. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JISI), 3(2), 76-85.

Sari, I. P., & Wibowo, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Sekolah pada Sanggar Belajar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi (JPTI), 5(1), 57-64.

Istiqomah, N. S., & Handayani, T. (2016). Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Sekolah pada Pengelolaan Sanggar Belajar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 51-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Imam Azhari, Sri Handayaningsih, Aris Thobirin, Fariz Setyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License