Sistem informasi stok gudang Kedai Kita

Arfiani Nur Khusna, Marsudi Endang Sri Rejeki, Utik Bidayati

Abstract


Kedai Kita melakukan pengelolaan atau pendataan stok produk dengan pencatatan secara manual untuk penggunaan buku dalam hal pembuatan tabel meliputi pendataan produk dan penghitungan produk. Terdapat ratusan produk yang perlu dilakukan pendataan sehingga memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk melakukan pendataan yang disertai perubahan data setiap harinya dari hasil penjualan maupun untuk mengelola stok barang yang masih ada. Pada pengelolaan atau pendataan stok produk akan rawan kesalahan input data produk yang dapat berpengaruh terhadap penghitungan data yang ada. Tujuan pengabdian untuk mengimplementasikan sistem pengelolaan stok gudang sehingga pengelola Kedai Kita dapat melakukan pendataan stok barang yang ada di gudang dengan lebih baik dan dapat berdampak pada pembelian dan penjualan Kedai Kita. Tahapan pada pembuatan sistem informasi gudang Kedai Kita yaitu membuat perancangan sistem dengan menganalisa data sesuai kebutuhan, implementasi sistem, pengujian sistem informasi dan pelatihan penggunaan sistem terkait pengelolaan stok gudang pada Kedai Kita. Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan dengan indikasi berupa hasil pengujian fungsi sistem bernilai 100 sehingga dapat disimpulkan sistem informasi yang dibangun sesuai dengan keinginan Kedai Kita

Keywords


pendataan stok, stok gudang, sistem informasi, kedai kita

Full Text:

PDF

References


Khusna AN, Nugraha FA. Sistem Informasi Stok Gudang Koperasi Menggunakan Supply Chain Management. Jurnal Sistem Informasi Bisnis. 2018;8(2):203.

Chatisa I, Muslim I, Sari RP. Implementasi Metode Klasifikasi ABC pada Warehouse Management System PT. Cakrawala Tunggal Sejahtera. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. 2019;8(2):123–34.

Guslan D, Saputra I. Analisis Pengendalian Inventori Dengan Klasifikasi ABC dan EOQ Pada PT Nissan Motor Distributor Indonesia. Jurnal Logistik Bisnis. 2020;10(1):73–7.

Sofiana A, Haq DAT. Pengendalian persediaan insert tools dengan metode economic order quantity dan klasifikasi ABC. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya. 2020;6(1):39–47.

Sukadi S, Susila CB. Integrated Stock Information System on Smartphone Stores. Fountain of Informatics Journal. 11 Mei 2023;7(3):17–23.

Supriyanti D, Kesumawati CS, Maryam S. Design Information System Stock Inventory To Manage Data Of Goods (Case Study: PT Monier). Aptisi Transactions On Management. 2020;4(1):22–31.

Rikky R. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Stok Barang Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: PT. XYZ). JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis). 2019;1(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arfiani Nur Khusna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License