Pengetahuan dan ketrampilan kelompok ibu Padukuhan Nogosaren, Nogotirto dalam pembuatan teh celup dan sabun dari daun afrika

Iis Wahyuningsih, Putri Rachma Novitasari, Azzahro Aulia Firdausi, Nurul Safira Basuki

Abstract


Salah satu tanaman obat keluarga (TOGA) yang hampir dimiliki oleh seluruh penduduk Nogosaren adalah tanaman daun afrika (Vernonia amygdalina) yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, pengetahuan dan ketrampilan kelompok ibu-ibu Nogosaren dalam mengolah daun afrika masih minimal. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok ibu-ibu padukuhan Nogosaren dalam mengolah daun afrika menjadi produk kesehatan yaitu teh celup dan sabun cuci. Solusi dan metode yang dilakukan adalah sosialisasi dan praktek pembuatan teh celup dari daun afrika. Pelatihan dilakukan oleh 2 dosen dibantu 2 mahasiswa prodi S1 farmasi. Program dilakukan dalam waktu 2 hari. Kontribusi mitra terhadap pelaksanaan adalah fasilitas sarana prasarana di lokasi PkM. Faktor yang menghambat/kendala adalah banyaknya aktivitas warga membuat kesulitan dalam menentukan waktu pelaksanaan. Faktor yang mendukung adalah antusiasme peserta terhadap materi yang diberikan. Edukasi dan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kelompok ibu di padukuhan Nogosaren, Nogotirto.

Keywords


daun afrika, the celup, sabun, pengetahuan, ketrampilan

Full Text:

PDF

References


Dillasamola, D., dan Mega, L.W., (2016). Uji Aktivitas Antioksidan Ekstak Etanol Daun Afrika Selatan (Vernonia amygdalina Del.) dengan Menggunakan Metode DPPH (1,1 -diphenil-2- picryhidrazyl). JAFP., Vol. 1 No. 1 hal. 29-35.

Tandi, joni; mariani, ni made irma; setiawati, Ni Putu., (2020), Potensi Ekstrak Etanol Daun Afrika (Gymnanthemum amygdalinum (Delile) Sch. Bip, Ex walp) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah dan Histopatologi Pankreas Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus) yang Diinduksi Streptocotocin dan Pakan Tinggi Lemak. Majalah Farmasetika, [S.l.], p. 66-77.

Endah Kartikawati, Dytha Andri Deswati, Andri Mahardika, (2021), uji efek analgetik ekstrak daun afrika (Vernonia amygdalina.d) pada mencit jantan putih galur swiss webster, Jurnal Sabdariffarma , Vol 9 No.2 8-14.

Santoso, I.A., (2015), “Pemberian Ekstrak Etanol Daun Afrika Selatan (Vernonia amgydalina) Per Oral Menurunkan Kadar Glukosa Darah Post Prandial Dan Meningkatkan Kadar insulin puasa Pada Tikus Putih Jantan (Rattus norvegicus) Yang DM Tipe 2 (tesis). Skripsi, Universitas Udayana, Denpasar

Adedapo A.A. and Aremu O.J., (2014), AntiInflammatory, Analgesic And Antioxidant Activities Of Aqueous Leaf Extract Of Vernonia amygdalina In Some Laboratory Animals, Academic Journal of Science, 3 (3), 253–265.

Dwiani, A., dan Rahman, S. (2017). Analisis Kimia Pada MPASI Biskuit Bayi Dari Campuran Tepung Pisang Kepok, Tepung Kacang Tunggak Dan Tepung Daun Kelor. Laporan Penelitian Dosen Pemula. Universitas NAhdlatul Wathan. Mataram.

Muzaki, D., dan Wahyuni, R. (2015). Pengaruh penambahan gingger kering (Zingiber officinale) terhadap mutu dan daya terima teh herbal daun afrika selatan. Jurnal Teknologi Pangan, 6(2), 67–75.https://core.ac.uk/download/pdf /286719987.pdf

Batubara, S. C., dan Pratiwi, N. A. (2018). Pengembangan minuman berbasis teh dan rempah sebagai minuman fungsional. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 1(2), 109–123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Iis Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License