Pendampingan literasi digital untuk pembelajaran SB Kepong Malaysia

Beni Suhendra Winarso, Haris Imam Karim Fathurrahman, Syamila Nur Sani

Abstract


Literasi digital atau kecakapan digital merupakan salah satu keahlian yang dibutuhkan dalam era Industri 4.0. Literasi digital menjadi bagian penting dalam menunjang siswa untuk cakap dan tanggap teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan sosialisasi dan pelatihan literasi digital dalam menunjang dan mengakselerasi siswa untuk dapat beradaptasi dengan dunia modern. Pengabdian ini dilakukan secara luring dengan melakukan kegiatan di Sanggar Bimbingan (SB) Kepong Malaysia. Kegiatan pengabdian ini dibagi menjadi dua sesi yaitu teori literasi digital dan praktik implementasi literasi digital. Metode evaluasi yang digunakan adalah angket dengan butir tingkat penerimaan teknologi terhadap dua topik teori dan implementasi literasi digital. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa sebesar 86,2% siswa memahami teori literasi digital dan 87,35% siswa dapat menerapkan literasi digital dalam pembelajaran akademik. Penggunaan literasi digital dalam menunjang pembelajaran akademik siswa di SB Kepong memberikan dampak positif terhadap penerimaan terhadap siswa Sanggar Bimbingan.


Keywords


literasi digital; pelatihan; pembelajaran; pendampingan; sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Nguyen LAT, Habók A. Tools for assessing teacher digital literacy: a review. J Comput Educ [Internet]. 2024 Mar 19;11(1):305–46. Available from: https://link.springer.com/10.1007/s40692-022-00257-5

Reddy P, Chaudhary K, Hussein S. A digital literacy model to narrow the digital literacy skills gap. Heliyon [Internet]. 2023 Apr;9(4):e14878. Available from: https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S2405844023020856

Setyaningsih R. The Phenomenon of E-Dakwah in the New Normal Era: Digital Literacy of Virtual Da’i in Da’wah Activities. Int J Islam Thought Humanit [Internet]. 2023 Mar 1;2(1):65–75. Available from: https://journal.staitaruna.ac.id/index.php/ijith/article/view/60

De León L, Corbeil R, Corbeil ME. The development and validation of a teacher education digital literacy and digital pedagogy evaluation. J Res Technol Educ [Internet]. 2023 May 1;55(3):477–89. Available from: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/15391523.2021.1974988

Yustika GP, Iswati S. Digital Literacy in Formal Online Education: A Short Review. Din Pendidik [Internet]. 2020 Jun 30;15(1):66–76. Available from: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/23779

Niehlah AR, Jufriansah A, Khusnani A, Fauzi IM, Sari TP. Penguatan Pendidikan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Jasmani bagi Anak Pekerja Migran di Sanggar Bimbingan Malaysia. J Ilm Kampus Mengajar [Internet]. 2023 Oct 23;105–22. Available from: http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/127


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Beni Suhendra Winarso, Haris Imam Karim Fathurrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License