Pelatihan self-assessment kesehatan lingkungan menuju sekolah sehat dan berdaya oleh guru di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta

Ahmad Faizal Rangkuti, Musfirah Musfirah

Abstract


Latar Belakang : Upaya penyehatan lingkungan sekolah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekolah sehingga terwujud lingkungan sekolah yang nyaman, aman, bersih, sehat dan terhindar dari penularan berbagai macam penyakit. Indikator pendukung dalam penyehatan lingkungan sekolah dapat ditempuh melalui Self-Assessment Kesehatan Lingkungan oleh para guru sekolah untuk memotivasi warga sekolah menuju sekolah sehat dan berdaya. Tujuan : Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman guru di SMP 9 Muhammadiyah tentang cara penilaian berupa Self-Assessment Kesehatan Lingkungan. Metode: Kegiatan ini menggunakan metode active participatory. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 September 2021 dan diikuti oleh 2 kelompok. Hasil: Pemahaman guru setelah dilakukan pelatihan yaitu semakin meningkat ditunjukkan dengan partisipasi aktif guru mulai dari telaah, observasi indikator assessment, penilaian, dan analisa hasil penilaian assessment kesehatan lingkungan. Skoring penilaian yang diperoleh pada kegiatan ini yaitu kategori cukup dan sangat baik. Dampak dilakukannya pengabdian: Guru disekolah semakin meningkat pemahaman tentang bagaimana penilaian mandiri atau self-assessment kesehatan lingkungan sekolah dan menjadi bahan evaluasi serta implementasi sustainability sekolah sehat dan berdaya di masa yang akan datang.

Keywords


Guru, Lingkungan, Penyehatan, Sekolah, Self-assessment

Full Text:

PDF

References


Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, F.C. & Yuniarsih T. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. (2020). J Pendidik Manaj Perkantoran. 5 (1):1–13.

Hayati, R. & Solihin. E.S., (2016). Hubungan Sikap dan Sanitasi Lingkungan Sekolah dengan Prestasi Belajar pada Pelajar SDN Beriwit-1 Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. An-Nadaa, 3(1):1–5.

Jakfar M, Abdullah, M. Ali S. (2014). Hubungan Persepsi Guru Dengan Tindakan Siswa Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Di SMPN 2 Indrajaya. J Biol Edukasi ,

(1):16–8.

Kanro, R., Yasnani., Saptaputra SI. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah Dasar Negeri 08 Moramo 1110 Yenie Chrisnawati,etall, Relationship between Attitudes, Parenting Patterns, Role of Parents, Teachers, Facilities and Clean and Healt. J Ilm Kesehat Masy. ;2(6):1–11.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1429/MENKES/SK/XII/2006 yaitu tentang pedoman penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah

Puastuti D & Kusnadi D. (2019). Analisis Sikap Lingkungan Hidup Terhadap Perilaku Siswa Mengenai Kebersihan Lingkungan di SD Muhammadiyah Pringsewu ,JPGMI 5 (1):23–31.

Rangkuti, A.F. & Musfirah. (2019). Pelatihan Guru Tentang Program Adiwiyata di SMP X Kota Yogyakarta . Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 2019, Hal. 127-130.

Sari, D.P., (2016). Hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang.

Sugandini, W., Erawati, N.K., Juliani, M. (2020). Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dengan Metode Pembiasaan Di Sekolah Dasar. Proceeding Senadimas Undiksha 2020 : 122-132.

Wulandhari, C.H. Zulfiati, H.M., Rahayu. A., (2019). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD 1 Sewon. In: Prosiding Seminar Nasional PGSD. Vol 1 2019 : 85-96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Faizal Rangkuti, Musfirah Musfirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License