Pelatihan Edmodo bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kota Yogyakarta

Fariz Setyawan, Nur Arina Hidayati

Abstract


Penyelenggarakan pembelajaran online di kelas kini sudah memiliki banyak tantangan dan tuntutan. Guru sebagai diharapkan mampu menyusun materi pembelajaran secara e-learning online dengan menggunakan platform Edmodo. Oleh karena itu, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pembelajaran online di kelas dengan menggunakan platform Edmodo menjadi penting dan dibutuhkan saat ini.

Pelatihan ini telah dilaksanakan di bulan November 2020. Banyaknya peserta yang mengikut pelatihan adalah 16 guru. Peserta merupakan guru SMP/MTs Muhammadiyah se-kota Yogyakarta. Kegiatan pengabdian ini meliputi pengenalan platform Edmodo, workshop pembuatan akun edmodo, workshop pembuatan kelas, workshop aktivitas pembelajaran dan evaluasi belajar menggunakan Edmodo. Platform ini dikenalkan oleh Fariz Setyawan dan Nur Arina Hidayati. Bedasarkan analisis kebutuhan, sebanyak 87,5% guru matematika belum mengimplementasikan Edmodo dalam pembelajaran. Kegiatan ini diharapkan dapat meingkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan platform Edmodo sebagai media pembelajaran berbasis online. Materi yang disampaikan meliputi pembuatan E-LKPD berbasis Literasi dan Numerasi. Numerasi merupakan kombinasi dari penggunaan matematika di era 21. Penggunaan matematika tersebut dapat diimplementasikan ke dalam bidang social, budaya, ekonomi, dll. Sedangkan literasi merupakan kemampuan seseorang dalam menghitung, menulis, berbicara, maupun memecahkan masalah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Edmodo; Numerasi; Literasi; Matematika

Full Text:

PDF

References


Keeves, J.P. (1992). The IEA technical handbook. Hague : The International Association for the Evaluation of Educational Achiement (IEA).

Polya, G. (1973). How To Solve It (2nd Ed). Princeton: Princeton University Pres

Hendroanto, A., & Setyawan, F. (2019). Pelatihan Desain Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Sekolah Dasar Sd Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 387-392.

Holland, C., & Muilenburg, L. (2011). Supporting student collaboration: Edmodo in the classroom. In Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 3232-3236). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Memvisualisasikan Materi Ajar dengan Menggunakan Website DESMOS. Proceeding of The URECOL, 78-86.

Setyawan, F., Kristanto, Y. D., & Ishartono, N. (2018). Preparing In-Service Teacher Using Dynamic Geometry Software. Online Submission, 7, 367-370.

Setyawan, F., & Trisna, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Dusun Wuluh Dalam Program Peningkatan Kesejahteraan Melalui Pemberdayaan Ekonomi Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7-14.

Setyawan, F., & Istiandaru, A. (2019). Implementasi Self Regulated Flipped Classroom pada Mata Kuliah Kalkulus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 119-124.

Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2019). Pelatihan pembuatan soal olimpiade matematika bagi guru sekolah dasar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 395-404).

Suhartanto, Heru. (2010). Strategi Implementasi Sistem E-Learning untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Indonesia. Artikel Ilmiah. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Indonesia

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fariz Setyawan, Nur Arina Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License