Pelatihan Pengenalan Artificial Intelligent dan Aplikasi Canva untuk Guru-Guru SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Badan Kerjasama Sekolah Kabupaten Bantul

Murinto Murinto, Lisna Zahrotun, Miftahurahmah Rosyda

Abstract


Badan Kerjasama Sekolah (BKS) SD/ MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul merupakan sebuah wadah dari seluruh SD/ MI Muhammadiyah/ Aisyiyah se Kabupaten Bantul, BKS ini mempunyai program kerja salah satunya mengembangkan dan meningkatkan serta menciptakan daya saing civitas terutama guru SD/ MI Muhammadiyah/ Aisyiyah sehingga tercipta pengajar yang unggul disertai pemanfaatan teknologi. Salah satu program BKS adalah mengembangkan dan meningkatkan serta menciptakan daya saing anggota sehingga tercipta guru-guru yang unggul disertai pemanfaatan teknologi untuk peningkatan kualitas publikasi dan dokumentasi dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang terjadi pada guru-guru BKS adalah belum semua anggota memiliki kemampuan menggunakan aplikasi desain grafis Canva serta memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI). Guru-guru mengalami kesulitan dalam pengajaran aplikasi desain grafis seperti yang terjadi saat ini, hal ini dikarenakan guru-guru belum memiliki kemampuan dalam desain grafis dan teknologi AI. Dengan melihat permasalahan tersebut maka dalam pengabdian ini dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi desain grafis untuk pembuatan media pembelajaran dan pemanfaatan teknologi AI di BKS Bantul.

         Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pra pelaksanaan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Pra pelaksanaan digunakan untuk menyamakan materi yang dibutuhkan oleh guru-guru. Pelatihan dilaksanakan untuk menambah ketrampilan guru dalam membuat menggunakan aplikasi grafis untuk pembuatan media pembelajaran, serta pemanfaatan teknologi AI menggunakan scratch. Pendampingan dilaksanakan untuk mendampingi guru-guru dalam membuat konten grafis dan scratch keberlanjutan penggunaannya. Pelatihan ini selama 2 hari dimulai tanggal 8 Agustus dan 5 September 2022 dari jam 08.00 sampai jam 14.00 dan bertempat di Laboratorium Informatika Kampus 4 UAD

         Hasil dari pengabdian ini adalah adanya desain grafis untuk pembuatan poster dan pemanfaatan teknologi scratch yang bisa dikuasai untuk setiap guru di lingkungan BKS Bantul. Dengan adanya penguasaan aplikasi desain grafis dan scratch ini diharapkan dapat membantu guru-guru dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan grafis dan AI. Dengan adanya Pelatihan ini memberikan dampak rcukup besar yaitu 85% para guru merasa lebih mudah menggunakan aplikasi.


Keywords


Aplikasi Canva; Scracth;Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Robandi, I. (2019), Artificial Intelligence-Mengupas Rekayasa Kecerdasan Tiruan. Andi Offset Yogyakarta.

Pakpahan, R. (2021), Analisa Pengaruh Implementasi Artificial Intelligence Dalam Kehidupan Manusia, Journal of Intformation System, Informatics and Computing. Voulme 5 No.2, Dec 2021.

Wulan, A. (2017), Pengembangan media game edukasi kimia menggunakan scratch pada anak tahapan operasional formal. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Tinaburko, Sumbo, (2015), Dekave: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global, CAPS, Yogyakarta.

Hendratman, Hendi, (2014), Computer Graphic Design (Revisi Kedua, Informatika, Bandung.

Murinto, Lisna Zahrotun. (2021). Pelatihan aplikasi perpustakaan dan Microsoft office staf SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Badan Kerjasama Sekolah Kabupaten Bantul, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 23 Oktober 2021, Hal. 443-449

Murinto, Lisna Zahrotun,. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi raport dan e-learning untuk perwakilan guru SD/MI pada Badan Kerja Sama Sekolah (BKS) SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Kabupaten Bantul, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 21 November 2020, Hal. 295-302

Wijayanti, Dedi., Murinto. (2022), Pelatihan pembuatan dokumen penanggulangan bencana berbasis IT di LPB MDMC PDM Bantul, Masyarakat Berdaya dan Inovasi 3.1.

Ramesh, S., Hebbar, R., Niveditha M. Pooja R., Bhat N., P., Shashank N., Vinod P.V. (2018). Plant Disease Detection Using Machine Learning. International Conference on Design Innovations for 3Cs Compute Communicate Control (ICDI3C), 41-45.

Shi, Z.R., Wang, C., & Fang, F. (2020). Artificial Intelligence for Social Good: A Survey. ArXiv, abs/2001.01818.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License