PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BAGI GURU SD MUHAMMADIYAH SE- KABUPATEN BANTUL

Siti Nur Rohmah, Uswatun Khasanah

Abstract


ABSTRAK

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru pada aspek pengembangan evaluasi hasil belajar masih kurang. Maka dari itu, pengabdian di masyarakat yang dilakukan berasaskan pada tujuan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat soal yang dapat mendorong siswa untuk memiliki kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Program yang dijalankan yaitu Pelatihan Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru Matematika SD Muhammadiyah se Kabupaten Bantul. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah dengan mengungkap permasalahan yang muncul dikalangan para guru, kemudian dilakukan diskusi pengusul bersama mitra untuk merumuskan akar masalah prioritas yang disepakati, serta menentukan solusi yang tepat. Namun sebelum dilakukan diskusi atau pelatihan, terlebih dahulu pengusul melakukan koordinasi dengan majelis DikDasMen PDM Bantul, koordinasi berkaitan dengan kegiatan sosialiasi. Keseluruhan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dikatakan berhasil, meskipun belum semua peserta pendampingan menguasai cara menyusun soalHOTS. Hal ini terilhat peningkatan  dari postes dan pretest kemampuan penyusunan soal HOTS dengan skala tingkat penguasaan 1 sampai dengan 5 yaitu presentase penguasaan skor 4 ameningkat dari 19,2% menjadi 69,2% dan skor 5 dari 3,8% menjadi 19,2%.


Keywords


Penyusunan Soal, HOTs, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Nur Rohmah, Uswatun Khasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License