Pelatihan Pelayanan Prima Sekolah untuk Guru dan Tenaga Kependidikan SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta

Dian Hidayati, Purnawan Purnawan

Abstract


Pelatihan pelayanan prima sekolah untuk guru dan tenaga kependidikan SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta  dalam rangka melaksanakan Catur Dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dalam pelayanan prima baik di masa pandemi sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan sekolah dan menghasilkan Standard Operational Procedure (SOP) dalam pelayanan sekolah.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan secara tatap muka yang diikuti oleh 41 peserta. Tempat pelaksanaan kegiatan ini di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, tahap pertama tatap muka dilaksankan hari Jumat tanggal 28 Mei 2021  dan sabtu 29 Mei 2021, kemudian tahap dua direncanakam pada tanggal 29 Juli 2021. Metode dan pola pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan Pelatihan ini adalah dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tutorial atau konsultasi secara tatap muka dan daring.

Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut. Pertama, semua peserta kegiatan pelatihan ini sangat antusias, bersemangat, dan mempunyai motivasi yang tinggi mengikuti pelaksanaan kegiatan ini. Kedua, pemahaman guru dan tenaga kependidikan terkait pelayanan prima disekolah semakin meningkat. Kegiatan pelatihan ini penting untuk pengembangan guru, dan tenaga kependidikan khususnya di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, oleh karena itu kiranya perlu untuk dapat dilaksanakan kembali dan lebih ditingkatkan pada masa mendatang.


Keywords


Pelayanan Prima; Pelatihan; Sekolah

Full Text:

PDF

References


Lassere, C. (2010). Fostering a Culture of Service Excellence. Medical Practice Management. November/Desember 2010. Diperoleh dari proquest.com/diakses tanggal 13 Januari 2014

Nasution, M. N. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia

Rahma & Hartoyo (2010). Pengaruh Orangtua dan Sekolah terhadap Tingkat Kepuasan PelayananPendidikan Dasar. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen (2010) 3 (2) 164-172

Hidayati, D., & Rifa’i, A. A. (2020). Factors Influencing Parents’ Decisions on Choosing an Islamic Primary School in Bandung Indonesia. Randwick International of Social Science Journal, 1(1), 121-126.

Zulkarnain, W. & Sumarsono, R. B. (2014). Manajemen Kantor Sekolah: Konsep dan Strategi Implementasi Bagi Tenaga Administrasi Sekolah. Malang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan UM FIP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dian Hidayati, Purnawan Purnawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License