Pelatihan aplikasi perpustakaan dan Microsoft office staf SD/MI Muhammadiyah/ Aisyiyah Badan Kerjasama Sekolah Kabupaten Bantul

Murinto Murinto, Lisna Zahrotun

Abstract


Pengelolaan perpustakaan dan pemahaman mengenai penggunaan komputer dalam administrasi tata usaha disekolah merupakan salah satu aktivitas yang mesti dipahami oleh setiap staf tata usaha di sekolah dasar SD/MI Kabupaten Bantul. Berdasarkan hasil kuisioner dari staf TU di SD/MI Kabupaten Bantul pengelolaan perpustakaan dan administrasi tata usaha selama ini menggunakan pencatatan manual serta beberapa staf belum mahir menggunakan MS Office, menjadikan pengelolaan perpustakaan dan administrasi TU dinilai kurang efektif dan efisien. Oleh karenanya dalam pengabdian ini dilakukan pembuatan dan pelatihan aplikasi perpustkaan serta pelatihan MS Office. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pra pelaksanaan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dimulai tanggal 25-26 Agustus 2021 dari jam 07.30 sampai jam 12.30 WIB dan bertempat di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Pendampingan dilaksanakan dengan membagikan video tutorial dan modul pelatihan untuk mendampingi staf tata usaha dalam menggunakan konten aplikasi perpustakaan dan keberlanjutan penggunaan Microsoft office untuk administrasi tata usaha. Evaluasi digunakan untuk perbaikan bagi pengabdian berikutnya. Hasil dari pengabdian ini adalah sebuah aplikasi perpustakaan dan penerapan MS.Office pada staf tata usaha. Dengan adanya Pelatihan ini memberikan dampak rcukup besar yaitu 85% para guru merasa lebih mudah menggunakan aplikasi perpustakaan dan merasa terbantukan dalam mengelola administrasi perpustakaan dan tata usaha.

Keywords


Aplikasi perpustakaan; Microsoft Office; pelatihan

Full Text:

PDF

References


A. Andayani and D. Rustianingsih, “Analisis kebutuhan pelatihan pegawai tata usaha,” Economicus, vol. 14, no. 1, pp. 56 – 65, 2020.

C. D. Elviera, D. Irawan, and D. N. Syafrina, “Pengembangan tata usaha sekolah berbasis teknologi informasi,” J. Pendidikan, Sej. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2019.

M. Y. Fajar et al., “Pelatihan Microsoft office dan Internet untuk Lulusan SMU Se-Wilayah Bandung Timur,” Ethos, vol. II, no. 2, pp. 188–195, 2004.

Sa. Dwiastani, Y. Devianto, and W. Gunawan, “Pelatihan untuk Staff Tata Usaha Sekolah Dasar dalam Program PLK (Pembuatan Laporan Keuangan),” in Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 2020, pp. 800–806.

A. Rahman, F. Yuridka, and M. Sari, “Pelatihan Komputer Program Microsoft Excel 2013 Pada SMAN 12 Banjarmasin,” Al-Ikhlas, vol. 1, no. 1, pp. 5–10, 2015.

Rizky, “Implementasi Pembuatan Media Literasi Digital Berbasis Web untuk Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah,” in Seminar HAsil Pengabdian Masyarakat 2018, 2018, no. April, pp. 193–198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Murinto, Lisna Zahrotun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License