Peningkatan produktivitas pembuatan detergen ramah lingkungan dengan penyusunan standard operating procedure (SOP) di Bank Sampah Kamulyan, Yogyakarta

Hayati Mukti Asih, Tatbita Titin Suhariyanto

Abstract


Bank Sampah Kamulyan terletak di Brontokusuman yang dekat dengan Kali Code, Yogyakarta, dimana mayoritas masyarakatnya membuang air cucian pakaian di kali tersebut. Hal ini tentu mengganggu ekosistem perairan. Masalah ini penting untuk diatasi, terutama kurangnya pengetahuan dan kepedulian warga Kali Code. Limbah detergen yang dibuang ke Kali Code tentu akan menurunkan kualitas mutu perairan dan mengurangi keanekaragaman biota air. Melihat permasalahan tersebut, masyarakat mitra perlu dibekali pengetahuan tentang cara produksi detergen ramah lingkungan dalam skala industri rumah tangga. Metode yang dilakukan dalam program pengabdian ini adalah penyuluhan dan praktek Standard Operating Procedure (SOP) produksi massal untuk pembuatan detergen ramah lingkungan. Pelatihan dan praktek ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat untuk membuat detergen ramah lingkungan yang layak jual. Melalui program pengabdian ini, SOP produksi massal untuk pembuatan detergen telah terbentuk dan dapat diimplementasikan kepada masyarakat mitra. SOP ini terdiri dari tujuh langkah instruktif untuk menjamin kualitas produk dengan lebih efisien. Mereka juga memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembuatan detergen ramah lingkungan.

Keywords


Produktivitas; Detergen Ramah Lingkungan; Standard Operating Procedure (SOP)

Full Text:

PDF

References


Asih, H.M., Fitriani, S. 2018. Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Produk Inovasi Ecobrick. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(2), 144-150.

Asih, H.M., Primasari, I.A. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas pada Produksi Daur Ulang Sampah Plastik. Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, di Yogyakarta, pada tanggal 14 September 2019.

Asih, H.M., Primasari, I.A. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sampah Organik Rumah Tangga untuk Budidaya Kampung Sayur. Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, di Yogyakarta, pada tanggal 21 November 2020.

Chen, C.; Kan, T.; Li, S.; Qiu, C.; Gui, L. 2016. Use and implementation of standard operating procedures and checklists in prehospital emergency medicine: a literature review. American Journal of Emergency Medicine, 34(12), 2432-2439.

Harfadli, M.M., Ulimaz, M., Jordan, N.A. 2021. Pelatihan dan Sosialisasi Pembuatan Deterjen Cair Ramah Lingkungan Pengganti Deterjen Sintetik. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(1), 10-17.

Juliana. 2019. Effect of Application of Standard Operating Procedures on Employee Performance at PT. Mantap Sukses Cemerlang Medan, 2(1), 11-16.

Khurana, R. 2012. Counting the cost of cleanliness. Delhi.

Ritohardoyo, S., Sadali, M.I. 2017. Kesesuaian Keberadaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Terhadap Tata Ruang Wilayah di Kota Yogyakarta. Tata Loka, 19(4), 291-305.

Sasetyaningtyas, Dwi. 2018. Bahaya Deterjen terhadap Lingkungan dan Kesehatan. https://sustaination.id/bahayadeterjen-terhadap-lingkungan-dan-kesehatan/ (diakses 9 Juni 2021)

Setiawati, E., Rozinah, S. 2020. Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231-240.

Suhariyanto, T.T., Asih, H.M. 2020. Pelatihan Detergen Ramah Lingkungan untuk Bank Sampah Kamulyan Wilayah Kelurahan Brontokusuman RW 20-22 Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta. Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, di Yogyakarta, tanggal 21 November 2020.

Nafaida, R., Fadlia, Nursamsu. 2021. Pelatihan Pembuatan Deterjen Cair Bagi Ibu PKK Gampong Sungai Pauh Pusaka. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, 2(1), 35-41.

Supriyadi, E., Dewanti, R.N., Shobur, M., Handayani, E.T. 2021. Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Detergen Cair Pakaian di Sawangan Depok. Adibrata Jurnal, 1(1).

Yuliani, R. L., Purwanti, E., Pantiwati Y. 2015. Effect of Waste Laundry Detergent Industry Against Mortality and Physiology Index of Nile Tilapia (Oreochromis Niloticus) pada Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, p. 822–828.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hayati Mukti Asih, Tatbita Titin Suhariyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License