Pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru SD Muhammadiyah Beji dan Bogor Playen Gunung Kidul

Ani Apriani, Sumargiyani Sumargiyani, Iwan Tri Riyadi Yanto

Abstract


Pandemi covid-19 yang melanda tidak hanya Indonesia tapi dunia banyak merubah tatanan kehidupan masyarakat. Mulai dari aspek ekonomi, sosial dan juga pendidikan. Pemberlakuan pembatasan sosial membuat kegiatan belajar mengajar perlu merubah proses dan metode pelaksanan. Bagi sekolah yang sebelumnya mengandalkan sistem tatap muka dalam belajar tentunya harus mulai beradaptasi ke sistem e-learning. Maka memberikan pelatihan kepada para guru dalam membuat video pembelajaran merupakan salah satu solusi dalam hal ini. Tujuan dari pengabdian ini memberikan informasi kepada guru bagaimana membuat video pembelajaran sehingga peserta didik lebih memahami materi yang disampaikan. Metode yang dilakukan berupa pemberian materi dan pelatihan. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting baik pemberian materi maupun pelatihan/workshop. Pengabdian ini diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari 17 guru SD Muhammadiyah Beji dan 7 guru SD Muhammadiyah Bogor. Berdasarkan hasil penilaian, video pembelajaran sangat membantu para guru untuk memberikan materi kepada siswa. Sebelumnya siswa hanya diberikan materi lewat modul dan juga tugas, belum ada penjelasan langsung oleh guru. Melalui video pembelajaran ini para siswa lebih memahami materi yang diberikan yang berdampak pada kefahaman siswa meningkat meskipun proses pembelajaran tidak secara langsung tatap muka tetapi nilai siswa masih tetap maksimal.

Keywords


Video Pembelajaran, Guru, E-Learning

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi. Al Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan, 19(2), 1–9.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

BPS. (2020). Potret Pendidikan Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/download.html ?nrbvfeve=MzQ3Yzg1NTQxYzM0ZTdkYWU1NDM5NWEz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMjAvMTEvMjcvMzQ3Yzg1NTQxYzM0ZTdkYWU1NDM5NWEzL3N0YXRpc3Rpay1wZW5kaWRpa2FuLTIwMjAuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMS0wOS0yNyAwODo1NjozOQ%3D%3D

Darnawati, Irawaty, & Uke, W. A. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Bandicam dan Screencast O-Matic. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 100–105. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat. v2i1.255

detikcom. (2020). Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI. https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri/3

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2018). Pengaruh Karakteristik Gender dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf

Latif, A. (2020). PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 | EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. EduTech: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/ eduteach/article/view/1956

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Jisamar: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). View of Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 271–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(04), 242–247. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/8821

Rahmi, E., & Cerya, E. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SMK Bisnis Manajemen Kabupaten Agam Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 314–320.

UNESCO. (2020). Covid-19 Educational Disruption and Response. https://en.unesco.org/covid19/educationresponse


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ani Apriani, Sumargiyani , Iwan Tri Riyadi Yanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License