Strategi peningkatan pengembangan usaha toko roti “Anna Bakery” di tengah pandemi covid-19

Lestari Sukarniati, Nurul Azizah Az zakiyyah, Firsty Ramadhona Amalia Lubis

Abstract


Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau lebih sering dikenal UMKM dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara sangat penting. Beberapa penelitian terdahulu menyebutkan bahwa struktur modal UKM khususnya di Indonesia, hampir sebagian besar berdasar pada investasi pribadi. Sangat sedikit, mereka yang berhubungan dengan pihak ketiga untuk mendapatkan dana. Pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM toko roti Anna yang berlokasi di Jalan Jl. Urip Sumoharjo no 49, Wates Tengah, Magelang Utara mengenai pentingnya strategi pengembangan bisnis, pembiayaan dan pemasaran terutama dalam menghadapi kondisi pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih berjalan. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini pelaksana melakukan pelatihan kepada pelaku usaha terkait strategi citra merek dan pembiayaan menuju pengembangan bisnis yang ideal untuk toko roti Anna. Selain itu, pelatihan pembuatan pencatatan yang baik serta strategi pemasaran online juga diberikan untuk membantu membuat keputusan-keputusan usaha dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang dihadapi dunia usaha. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan toko roti Anna dapat memahami setiap proses pengembangan usaha, pemasaran di era modern dan pengelolaan keuangan usaha dengan baik dan dapat ikut membangun perekonomian warga di sekitar usaha. Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan. Pelatihan pada pengabdian ini adalah untuk mengenalkan jenis jenis pembiayaan, pengelolaan keuangan usaha dan juga strategi pemasaran online. Pengabdian tahap satu dan dua dilaksakan pada 6 Juni dan 7 Juni 2021 serta tahap 3 dan empat dilaksanakan 12 Juli dan 10 Agustus 2021. Hasil dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini, terjadi perubahan yang dilaksanakan dari mitra pengabdian. Selama ini mitra menjalankan usahanya, adalah berupa aktifitas bisnis dengan pembiayaan sederhana dan pencatatan keuangan yang belum terlalu memadai. Setelah dilakukan pelatihan dan sosialisasi mitra melakukan perubahan metode pencatatan keuangan, penambahan metode pemasaran online untuk mengoptimalkan aktivitas usaha yang dilakukan dan akan melakukan analisis keuangan jangka panjang untuk menentukan pembiayaan yang akan diajukan.

Keywords


UKM, Pengembangan Usaha, Pemasaran, Pencatatan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Ayodya, Wulan. (2007). Kursus singkat usaha rumah makan laris manis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Essinger, James & Wylie, Helen,(2003). Customer loyalty: Devising successful strategies in food and drink

Ezizwita, Sukma Tri, 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas. Volume 23 NO 1, Januari 2021

Halim, Abdul. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan. Vol 1 No 2

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran Edisi II. Jakarta: PT. Indeks

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 2021. FoodStartup Indonesia untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Kreatif. https://www.kemenparekraf.go.id/. diakses 6 Juni 2021

Lim, Hoon. (2010). Understanding American Customer Perception Of Japanese Food And Services in the U.S. University of Las Vegas.

Mandasari, V., & Adhitama, B. (2011). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ. Jurnal Generic

Sancoko, Aldo Hardi. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman pada Depot Time to Eat Surabaya. AGORA,Vol.3, No. 1, (2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lestari Sukarniati, Nurul Azizah Az zakiyyah, Firsty Ramadhona Amalia Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License