Pelatihan Adaptasi Pembelajaran untuk Guru dan Siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul di Era New Normal

Fajar Fitri, Suci Musvita Ayu, Liena Sofiana

Abstract


Pembelajaran di sekolah akan dilakukan secara tatap muka terbatas pada tahun ajaran 2021/2022 ini. Upaya untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka terbatas di era new normal harus dilakukan oleh sekolah. Pelatihan bagi guru maupun siswa untuk menjalani protokol kesehatan selama pembelajaran tatap muka perlu diselenggarakan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi dengan melakukan Pelatihan Adaptasi Pembelajaran di Era New Normal khususnya bagi guru dan siswa SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Pelatihan ini diselenggarakan dengan tiga metode yakni persiapan, pelaksanaan pelatihan, serta evaluasi dan pendampingan. Waktu pelatihan adalah dua hari di bulan Juni (tanggal 25-26 Juni 2021) dan dua hari di bulan Juli (16-17 Juli 2021). Dampak pelatihan ini adalah bertambahnya pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh guru dan siswa dalam menghadapi pembelajaran di era new normal. Skor pengetahuan siswa meningkat dari 2,3 menjadi 3,5 dan skor pengetahuan guru meningkat dari 2,7 menjadi 3,5. Luaran dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah media ajar Poster Cegah Covid-19, artikel media Kedaulatan Rakyat dan Warta Jogja, serta video pelatihan.

Keywords


pelatihan, new normal, protokol kesehatan

Full Text:

PDF

References


Arafah, N., dan Bahri, S. (2020). Peningkatan Human Capital dalam Proses Pembelajaran di Era New Normal. Jurnal Manajemen Bisnis. 17 (3): 425-444.

Ayu, S. M. dkk. (2018). Peningkatan Kesehatan Melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini di Desa hargomulyo Gedangsari Gunungkidul. Jurnal Pemberdayaan. 2 (1): 20

Firmansyah, Y. (2020). Pengaruh New Normal di Tengah Pandemi Covid-19 terhadap Pengelolaan Sekolah dan Peserta Didik. Jurnal Buana Ilmu. 4 (2): 99-112.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran No. 15 Tahun 2020 tantang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Kusumaningtyas, D.A. dan Fitri, F. (2020). Pelatihan Penerapan Blended Learning untuk Guru Fisika di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat. 193-198.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fajar Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License