Meningkatkan mutu belajar dari rumah (BDR) dengan pengembangan elektronik rencana pelaksanaan pembelajaran (e-RPP)

Sri Winiarti, Ulaya Ahdiani, Umi Rokhyati

Abstract


Dalam rangka mendukung proses pembelajaran secara daring serta merespon Edaran Mentri Pendidikan no 15 Tahun 2020 terkait Belajar Dari Rumah (BDR) sebagai dampak wabah Covid 19, maka sekolah-sekolah harus menyesuaikan konsep pembelajaran yang berupa, media pembelajaran, skenario pembelajaran maupun asesmen yang dilakukan. Karena proses pembelajaran haruslah diukur tingkat ketercapaian pembelajarannya agar dapat mengatahui keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Dalam rangka penyesuaian pembelajaran dengan konsep BDR tersebut, maka pihak sekolah perlu melakukan perubahan terhadap scenario pembelajaran, media pembelajaran dan asesmen tersebut. Namun belum semua sekolah melakukan penyesuaian konsep pembelajaran BDR antara scenario dan media pembelajaran. Salah satu scenario pembelajaran dituangkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode yang diterapkan diawali dengan koordinasi, transfer pengetahuan berupa pelatihan dan pendampingan ERPP serta Evaluasi kegiatan. Kegiatan Pengabdiamn ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penyusunan RPP dengan menggunakan aplikasi ERPP yang telah dibuat sebagai hasil luaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah dilaksanakan. Hasil kegiatan untuk pelatihan pembuatn RPP, Pembuatan aplikasi E-RRP dan pelatihan peggunaannya telah dilaksanakan dengan tingkat kepuasan oleh mitra sangat baik. Dari pengukuran yang dilakukan terhadap pelaksanaan mendapat kepuasan sebesar 96.29 %, sedangkan hasil pengukuran kepuasan terhadap produk oleh Mitra sebesar 95.37%. Dampak pelaksanaan kegiatan ini meningkatkan kemampuan guru dalam merumuskan RPP untuk pembelajaran daring berdasarkan hasil penilaian terhadap RPP yang dibuat.

Keywords


E-RPP, Belajar Dari Rumah, Sekolah Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Fathurrahman. (2018). PENTINGNYA ARSIP SEBAGAI SUMBER INFORMASI. Jurnal Ilmu Perpusatakaan dan Informasi, 3.

Kemedikbud RI. ( 2020.). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID 19.

Mawardi. (2019). OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20, 69-82.

RI, K. (2020). Pedoman Pembelajaran Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi bagi SMP. 2020. Diunduh pada tanggal 24 Oktober 2020. .

Rochani, S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3, 273-283.

Rohani, & Karo-Karo, S. R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7.

Tambunan, N., & Barasa, K. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 067 PEMATANG PUDU. JARINGAN SISTEM INFORMASI ROBOTIK, 3.

Yuniarti, N., Degeng, I. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Vektor Berbasis. Edcomtech Jurnal Teknologi Pendidikan, 5, 162-169.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License