Video pembelajaran sebagai alternatif media pembelajaran di masa pandemi covid-19

Sumargiyani Sumargiyani, Romelan Hamzah, Iwan Tri Riadi Yanto

Abstract


Pandemi Covid-19 di Indonesia mengharuskan guru-guru mempersiapkan bahan ajar yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatiahan dan pendampingan pembuatan video pembelajaran. Kegiatan workshop berlangsung secara luring yang diikuti oleh guru- guru SD Muhammadiyah Bogor selama dua kali pertemuan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Dari hasil kegiatan ini ada diperoleh masukan dari para peserta yang menyatakan bahwa: 1) tema yang diambil menarik, 2) membuat video pembelajaran menyenangkan tetapi masalahnya tidak ada waktu untuk membuat sendiri, 3) video baik untuk pembelajaran terutama di masa pandemi dan 4) video yang baik buatan guru sendiri karena sesuai karakeristik siswa Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pengabdian ini peserta didik dapat termotivasi dalam belajar sehingga harapannya hasil belajar meningkat dengan belajar melalui media video yang dibuat oleh guru. sendiri dan kegiatan ini akan dilanjutkan dalam bentuk suatu kerjasama antara UAD dan SD Muhammadiyah Bogor untuk kegiatan pengabdian dengan tema yang lain.


Keywords


video pembelajaran, media pembelajaran, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aji, W. & Dewi, F. (2020) Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal edukatif, 2(1), 55-61.

Hamdani, A.R. & Priatna, A. (2020) Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Jurnal Didaktik, 6 (2), pp: 1-9.

Novita, L., Sukmanasa, E., Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Journal of Primary Education, 3(20), pp: 64-72.

Suryansyah, T. & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4 (2), pp: 209-221.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda, S. I. W. I., (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal : Education Technology,3 (3), pp: 140-146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumargiyani Sumargiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License