Pengembangan keterampilan pembuatan video pembelajaran oleh guru SD Muhammadiyah Beji

Sumargiyani Sumargiyani, Iwan Tri Riadi Yanto

Abstract


Ketrampilan guru dalam membuat perangkat pembelajaran perlu ditingkatkan, salah satunya menggunakan media pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan media video pembelajaran dengan aplikasi OBS. Metode pengabdian yang digunakan meliputi pelatihan dan pendampingan. Pengabdian yang diikuti oleh seluruh guru SD Muhammadiyah Beji sebanyak 7 orang ini, dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yaitu tanggal 1 dan 8 Sepember 2021. Pengabdian dilakukan oleh dua orang dosen UAD dan dibantu oleh tiga orang mahasiswa. Hasil pengabdian menunjukkan awalnya peserta belum dapat membuat video pembelajaran dengan aplikasi OBS akhrnya dengan kegiatan pengabdian ini semua peserta dapat membuat video pembelajaran dengan aplikasi OBS baik cara menginputkan materi, menginputkan suara, maupun mengunggak ke youtube atau media lain. Dampak dari kegiatan ini peserta menginginkan ada tindak lanjut pengabdian berikutnya dengan memberikan materi pembuatan video dengan aplikasi yang lain, pengabdian dengan mengambil tema yang lain

Keywords


media pembelajaran, OBS, video

Full Text:

PDF

References


Jatmiko, P. D. Wijayantin, A. &Susilaningsih. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal: Edcomtech 1(2), pp: 153-156.

Melyanti, M. (2021). Pengaruh Edukasi Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Bahaya Tidak Sarapan Pagi Pada Siswa Sekolah Dasar SDN Gatotsubroto Kota Bandung. Jurnal: Sehat Masada, 15(1), pp:156-161.

Sumargiyani & Hamzah, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Guru SD Muhammadiyah Beji Gunungkidul. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (HAPEMAS2), pp: 377-385.

Sumargiyani & Yanto, I. T. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Di SD Muhammadiyah Mertosanan Bantul. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (HAPEMAS 2), pp: 439-447.

Suryansyah, T. & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal: Prima Edukasia, 4(2), pp: 209-221.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal: Trapsila, 1(2), pp: 91-100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sumargiyani Sumargiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License