Pemberdayaan belajar anak panti asuhan Abdul Alim era pandemi covid-19 melalui kemandirian dengan media dolanan anak

Hadi Suyono, Triantoro Safaria

Abstract


Problem dialami oleh anak panti asuhan Abdul Alim Muhammadiyah Imogiri selama pembelajaran dari rumah di era pandemi covid-19 adalah kurangnya kemandirian. Cara menyelesaikan masalah belajar dari rumah anak panti asuhan di era pademi covid-19 menggunakan pemberdayaan dengan menumbuhkan kemandirian. Metode pemberdayaan untuk mengembangkan kemandirian anak panti asuhan agar memiliki kemampuan mengerjakan tugas sekolah selama belajar dari rumah menggunakan soft skills training. Agenda soft skills training memilih media dolanan anak seperti boyo-boyoan dan bentengan. Kegiatan yang diselenggarakan pada 12 dan 13 Juni 2021 menyasar 15 anak yang berada di panti asuhan Abdul Alim Muhammadiyah Imogiri merupakan siswa sekolah dasar. Pelaksanaan kegiatan soft training melibatkan 1 mahasiswa Magister Psikologi Profesi UAD, 5 mahasiswa Fakultas Psikologi UAD, dan 1 psikolog. Hasil pemberdayaan belajar dari rumah menunjukkan peningkatan kemandirian anak panti asuhan. Anak-anak mampu mengerjakan tugas secara mandiri karena tidak tergantung pada pengasuh. Anak-anak bisa menyelesaikan tugas sekolah sesuai dengan target yang diberikan dari guru. Hasil tersebut ditunjukkan skor pre-post test yaitu ada kenaikan sebesar 0.65 %. Berdasarkan hasil ini diberikan rekomendasi bahwa anak panti asuhan memerlukan intervensi kemandirian menggunakan media dolanan anak untuk memberi kemampuan psikologis menjalankan aktifitas belajar dari rumah berjalan dengan baik di masa pandemi covid-19.

Keywords


kemandirian; anak panti asuhan; dolanan

Full Text:

PDF

References


Afrianingsih, A., Iman, N., & Mufid, M. (2019). Kemandirian Anak Melalui Integrasi Outdoor And Indoor Learning Terhadap Perkembangan Sosial Emosional. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1).

https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/2152/1490.

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689-1694.

http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1190/pdf.

Artobatama, I. (2018). Pembelajaran stem berbasis outbound permainan tradisional. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 40-47.

https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/15099.

Bhakti, C. P., & Kurniawan, S. J. (2020, September). Konsep Psikoedukasi Berbasis Blended Learning bagi Remaja di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 52-60).

http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/80.

Botke, J. A., Jansen, P. G., Khapova, S. N., & Tims, M. (2018). Work factors influencing the transfer stages of soft skills training: A literature review. Educational Research Review, 24, 130-147.

https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.04.001.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159.

https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203/1326

Fad, A. (2019). Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Permainan Tradisional, 17 Agustus-an, Pramuka, dan Out bond. Jakarta: Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Group).

Hidayat, M. T., Hasim, W., & Hamzah, A. (2020). Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru dalam Pembelajaran?. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 47-56.

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/journalcss/article/view/918/668.

Ihwanah, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 44-51.

http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/15/7.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81.

http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/256/206.

Khasanzyanova, A. (2017). How volunteering helps students to develop soft skills. International Review of Education, 63(3), 363-379.

https://doi.org/10.1007/s11159-017-9645-2.

Khotijah, I. (2018). Peningkatan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127-140.

https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1100/668.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1).

http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7927/3245.

Lestari, P. A. S., & Gunawan, G. (2020). The impact of Covid-19 pandemic on learning implementation of primary and secondary school levels. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(2), 58-63.

http://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/141/68

Mastur, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2020). Upaya Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72-81.

http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/7613/6119.

McCarthy, M. (2010). Experiential learning theory: From theory to practice. Journal of Business & Economics Research (JBER), 8(5).

https://doi.org/10.19030/jber.v8i5.725.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Mulyani, S. (2013). 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing.

Park, H., & Lau, A. S. (2016). Socioeconomic status and parenting priorities: Child independence and obedience around the world. Journal of Marriage and Family, 78(1), 43-59.

https://doi.org/10.1111/jomf.12247.

Putra, A. S., & Soetikno, N. (2018). Pengaruh intervensi psikoedukasi untuk meningkatkan achievement goal pada kelompok siswi underachiever. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(1), 254-261.

https://journal.untar.ac.id/index.php/jmishumsen/article/view/1514.

Prastyan, R. D. N. (2019, November). Penguatan Pendidikan Karakter Anak SD Melalui Konsep Pembalajaran Berbasis Kesenian Budaya Daerah dan Permainan Tradisional di Kampung Dolanan Nusantara Borobudur Magelang. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 93-101).

http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1446.

Rahayu, N. I., Rahmayanti, S., Sandri, S. H., Ardi, H. A., Bakaruddin, B., Misral, M., & Algustri, J. (2021). Pengenalan Media Pembelajaran Online Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Panti Asuhan Putri Aisyiyah Wilayah Riau. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 196-200.

https://adaindonesia.or.id/journal/index.php/comsep/article/view/98/88.

Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Faradita, M. N. (2020). Pengaruh pembelajaran online terhadap kemandirian belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di tengah pandemi covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 158-168.

http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2609.

Rusmardiana, A. (2016). Soft Skills Terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 97-104.

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/775/675.

Roche, K. M., Caughy, M. O., Schuster, M. A., Bogart, L. M., Dittus, P. J., & Franzini, L. (2014). Cultural orientations, parental beliefs and practices, and Latino adolescents’ autonomy and independence. Journal of Youth and Adolescence, 43(8), 1389-1403.

https://doi.org/10.1007/s10964-013-9977-6.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kordinat/article/view/6453/3949.

Sari, M. K. (2016). Membangkitkan Kembali Tradisi Dolanan Anak sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(1).

https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3657.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-15.

http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM/article/view/732/752.

Syafrin, S., & Muslimah, M. (2021). Problematika Pembelajaran E-learning dimasa Pandemi Covid-19 bagi Santri Pondok Pesantren Al-Hasyimiyyah Kotawaringin Barat. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 10-15.

http://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam/article/view/108/67.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hadi Suyono, Triantoro Safaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License