Pengembangan Sistem Pengarsipan sebagai Dukungan Dokumentasi bagi Sekolah

Supriyanto Supriyanto, Sri Winiarti, Ulaya Ahdiani

Abstract


Arsip sekolah merupakan dokumen penting yang dimiliki sekolah sebagai bukti berbagai aktivitas yang dilakukan sekolah di masa lalu. Semua dokumen perlu diarsipkan karena dibutuhkan untuk mendukung untuk proses penilaian saat akreditasi maupun untuk mendukung proses keputusan di sekolah. Selama ini dokumen yang masuk dan dokumen yang keluar dapat dari penyimpanannya dapat berdampak masalah bagi sekolah. Salah satunya dokumen yang berpindah tangan atau penyimpanan menyebabkan dokumen menjadi hilang. Pada umumnya arsip terbia dua ada arsip yang bersifat dinamis dan bersifat statis. Kebanyakan dokumen tersebut tidak disimpan sesuai jenisnya, sehingga saat mencari dokumen sering tidak dapat ditemukan. Berkembangnya teknologi informasi saat ini memungkinkan bagi suatu organisasi untuk mengarsipkan dokumen sesuai dengan jenisnya dengan menggunakan kode tertentu, sehingga mudah dilakukan pencarian berdasarkan kategori tertentu. Dakam kegiatan Pengabdian masyarakat (PPM) yang dilaksanakan ini bertujuan membuat suatu perangkat lunak aplikasi E-Arsip yang dapat digunakan bagi sekolah untuk mendokumentasikan semua arsip secara digital. Sebagai luaran dari kegiatan PPM ini menghasilkan sebuah prodak tepat guna berupa aplikasi E-Arsip yang bermanfaat bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah untuk dokumentasi digital sekolah. Produk telah diukur ketermanfaatannya bersamaan dengan pelatihan penggunaan aplikasi yang diberikan dengan hasil kepuasan mencapai 91.7%.

Keywords


aplikasi Arsip; Dokumentasi Digital; Arsip sekolah

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, I. (2018). Pemilihan Strategi Transfer Pengetahuan dalam Implementasi. Seminar Rekayasa Teknologi .

Fathurrahman, M. (2018). PENTINGNYA ARSIP SEBAGAI SUMBER INFORMASI. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 3, 215-225.

Haryanto. (2020). EVALUASI PEMBELAJARAN (KONSEP DAN MANAJEMEN). Yogyakarta: UNY Press.

Lina, T. N. (2020). Sistem Informasi E-Arsip Berbasis Web (Studi Kasus: Pt Haleyora Powerindo Cabang Sorong). J. Jendela Ilmu, 1(1), 1-5.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Hermanto, N. (2021). Pengelolaan Arsip Dinamis Inaktif di Lembaga Pendidikan Sekolah. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 5, 60-68.

Prima, K. W., & Tasrif, E. (2019). SISTEM INFORMASI ARSIP DI BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7, 1-10.

Saifudin, S., & Setiaji, A. Y. (2019). Sistem Informasi Arsip Surat (Sinau) Berbasis Web Pada Kantor Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden. EVOLUSI J. Sains dan Manaj., 7(2), 15–21.

Saputra, H. (2016). PENERAPAN SISTEM APLIKASI ARSIP DIGITAL PADA SEKOLAH TINGGI. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN, 56-67.

Sukoyo, J. (2013). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU. Rekayasa, 11.

Zaenudin, T., & Rosmadi, M. L. (2018). peran tranfer knowledge dalam industri kreatif. Ikraith-Humaniora, 2, 61-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Supriyanto Supriyanto, Sri Winiarti, Ulaya Ahdiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License