Penguatan Atribut Pendidik Kedamaian di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Ngawi Jawa Timur

Wahyu Nanda Eka Saputra, Muya Barida

Abstract


Amanat negara pada penerus bangsa Indonesia adalah, “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.” Amanat tersebut sesuai dengan konsep kedamaian positif, bahwa kedamaian tidak hanya tentang tidak adanya peperangan, tetapi juga tidak adanya ketidakadilan, kemiskinan, dan kesenjangan sosial. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendukung amanat tersebut adalah memberikan penguatan pada guru tentang atribut pendidikan kedamaian, yang mana pada kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 2 Ngawi Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan dengan metode sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 2 semester dan tiap semester dilakukan 2 hari yang mana perharinya adalah 400 menit. Pada tahap pertama, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Juli 2021. Sebagai hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru mampu menyusun perangkat pembelajaran yang diintegrasikan dengan pendidikan kedamaian dan mampu untuk menerapkannya pada kegiatan pembelajaran. Selain itu, keberhasilan program juga diukur dengan melakukan pengukuran pemahaman guru dalam memahami guru kedamaian.

Keywords


pendidik kedamaian, pendidikan kedamaian

Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1).

Andersson, I., Hinge, H., & Messina, C. (2011). Peace education. CiCe Central Coordination Unit.

Ayu, S. M., Hakimi, M., & Hayati, E. N. (2013). Kekerasan dalam pacaran dan kecemasan remaja putri di kabupaten purworejo. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 6(1).

Das, S., & Das, K. K. (2014). Imparting peace education through coscholastic activities at the school level. European Scientific Journal, ESJ, 10(10).

Duckworth, C. L., Allen, B., & Williams, T. T. (2012). What do students learn when we teach peace? A qualitative assessment of a theater peace program. Journal of Peace Education, 9(1), 81–99.

Fitri, S., Luawo, M. I. R., & Puspasari, D. (2016). Gambaran agresivitas pada remaja laki-laki siswa SMA Negeri di DKI Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 155–168.

Galtung, J. (1967). Theories of peace: A synthetic approach to peace thinking. International Peace Research Institute, Oslo, 2(6).

Harrell, S. P. (2015). Culture, Wellness, and World “PEaCE”: An Introduction to Person-Environment-and-Culture-Emergence Theory. Community Psychology in Global Perspective, 1(1), 16–49.

Murray-Close, D., Ostrov, J. M., Nelson, D. A., Crick, N. R., & Coccaro, E. F. (2010). Proactive, reactive, and romantic relational aggression in adulthood: Measurement, predictive validity, gender differences, and association with intermittent explosive disorder. Journal of Psychiatric Research, 44(6), 393–404.

Purnama, F. (2016). Kekerasan dalam pacaran pada remaja. Jurnal Harkat, 12(2).

Saputra, W. N. E., Hanifah, N., & Widagdo, D. N. (2017). Perbedaan Tingkat Perilaku Agresi Berdasarkan Jenis Kelamin pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 142–147.

Setiadi, R., Kartadinata, S., & Nakaya, A. (2017). A Peace Pedagogy Model for the Development of Peace Culture in An Education Setting. The Open Psychology Journal, 10(1).

Soeroso, S. (2016). Masalah Kesehatan Remaja. Sari Pediatri, 3(3), 189–197


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Nanda Eka Saputra, Muya Barida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License