MEMBANGUN JIWA ENTERPRENEURSHIP SANTRI MELALUI PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI ERA PANDEMI COVID-19

Budi Jaya Putra, Indanazulfa Qurrota A'yun, Mahrus Lutfi Adi Kurniawan

Abstract


Dampak pandemi covid-19 dirasakan seluruh elemen masyarakat tidak terkecuali adalah pondok pesantren. Banyak pondok pesantren yang kegiatan perekonomiannya dilakukan secara mandiri termasuk Pondok Pesantren Al Hamidi. Santri pondok pesantren Al Hamidi didominasi oleh santri mahasiswa. Pandemi Covid-19 yang berdampak pada pondok pesantren Al Hamidi membawa tim pengabdian Universitas Ahmad Dahlan untuk menjadikan santri mahasiswa dan santriwati mahasiswi di pondok pesantren Al Hamidi sebagai mitra pengabdian dalam meningkatkan kemandirian dan membangun jiwa entrepreneurship melalui pengembangan industri kreatif. Pondok Pesantren Al Hamidi belum memiliki program entrepeneurship. Hal ini terbukti bahwasannya tidak terdapat materi kewirausahaan dan kegiatan-kegiatan lain yang mendukung kewirausahaan. Program ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan metode pelatihan dan sosialisasi. Sosialisasi bertujuan untuk  memberikan wawasan kepada santri dan santriwati tentang bagaimana membangun jiwa entrepreneurship dan mengajukan pembiayaan baik secara personal maupun kelembangaan. Pelatihan ditujukan dalam membangun strategi untuk penetrasi pasar yang sesuai dengan kemampuan usaha, terutama dengan memanfaatkan berbagai perkembangan globalisasi seperi penggunaan e-commerce maupun market place dan social media. Luaran dari program ini berupa terdapat usaha yang dikelola oleh santri atau santriwati pondok pesantren Al-Hamidi secara person atau kelembagaan.


Keywords


entrepreneurship; market penetration; social media

Full Text:

PDF

References


Arifin, Luqqi Jauhar. 2017. Peran Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Terhadap Perekonomian UKM Perikanan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sarjana Thesis, Universitas Brawijaya.

Badan Pusat Statistik. (2021). Februari 2021 https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/11/05/1673/agustus-2020--tingkat- pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-7-07-persen.html. Diakses pada tanggal 8 Februari 2021, pukul 13.30 WIB.

Bahtiar,Rais Agil & Saragih, Juli Panglima. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis Vol. Xii, No.6/II/Puslit/Maret/2020.

Fatchurrohman dan Ruwandi. (2018). Model Pendidikan Entrepeneurship di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 12 No. 2.

Fatwitawati, Reni. 2018. Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha PKN STAN

Handayani, Ririn. (2013). Kewirausahaan Berbasis Pesantren. Diakses dari http://www.ririnhandayani.com/2013/01/menggagaspesantren-sebagai.html pada tanggal 10 Maret 2021, pukul 12.00 WIB.

Kemendag. 2013. Analisis Peran Lembaga Pembiayaan Dalam Pengembangan UMKM. Pusat Kebijakan Perdagangan Dalam Negeri Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Perdagangan. Kementrian Perdagangan Jakarta.

Permana, Sony Hendra. 2017. Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Rulandari. Novianita, Rahmawati. Nur Fitri dan Nurbaiti, Dewi. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami P- ISSN 2355-2883 Volume 7, No. 2, Oktober 2020.

Syahrial. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. Jurnal Ners, Vol 4. No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Budi Jaya Putra, Indanazulfa Qurrota A'yun, Mahrus Lutfi Adi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License