Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik Bagi Guru MIPA Muhammadiyah Boarding School Pleret

Rusmining Rusmining, Dian Ariesta Yuwaningsih

Abstract


Pengabdian ini didasari atas permintaan dari Kepala Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret Kabupaten Bantul, yang menginginkan guru-guru, khususnya guru Matematika dan IPA (MIPA), agar mampu membuat bahan ajar elektronik terutama untuk digunakan pada saat masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Tujuan dari pengabdian yang dilakukan oleh TIM dan dibantu oleh tiga orang mahasiswa Pendidikan Matematika bertujuan untuk: (1) memberikan wawasan tentang bahan ajar elektronik khususnya bagi guru MIPA, dan (2) memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar elektronik khusus untuk guru MIPA. Kegiatan pengabdian ini telah selesai dilakukan pada 14-15 Juni dan 23-24 September 2021, dengan peserta kegiatan adalah guru mata pelajaran matematika dan IPA yang berjumlah 12 orang. Kegiatan ini menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah sebesar 94% guru sangat setuju dengan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar elektronik, serta sangat termotivasi untuk membuat bahan ajar elektronik khusunya mata pelajaran matematika dan IPA.


Keywords


bahan ajar, elektronik

Full Text:

PDF

References


Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Arifin, Z. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika (Landasan Filosofi, Histori, dan Psikologi). Surabaya: Lentera Cendikia.

Amir, Z. dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.

Andini, D. T. dan Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar

Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA). 2(1).

Bagas. (2018). Flip PDF Profesional.https://www.bagas31.info/2017/04/flip-pdf-professional-v2-4-8-0-multilingual-full-version.html. Diakses pada tanggal 10 Februari 2021

Kim, Dai-Jin, Min Kwon, Hyun Cho, dan Soo Yang. (2013). The Smartphone

Addiction: Development and Validation of a short Version for Adolescents (SAS-SV). Plos One, 8(12)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rusmining Rusmining, Dian Ariesta Yuwaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License