Pelatihan Terapi Reminiscence dalam Mencegah Kepikunan Bagi Ibu-Ibu yang Memiliki Lansia di Dukuh Mertosanan Kulon, Bantul

Nur Syarianingsih Syam, Fitriana Putri Utami, Dedik Sulistiawan

Abstract


Lanjut   usia   di   Indonesia   telah   mengalami   peningkatan   dari sebelumnya  yaitu  sekitar  26  juta  pada tahun  2020  dan diperkirakan  akan meningkat  sekitar  30-40  juta  jiwa pada tahun 2030. Semakin  bertambahnya  umur  lansia  cenderung  akan  mengalami penurunan  daya ingat yang   berakibat   menggangu   aktifitas sehari-hari  serta  menurunkan  kualitas  hidup  sehingga  perlu  menjadi   perhatian   bersama   baik   keluarga   maupun   masyarakat. Tujuan pelatihan ini adalah mengenalkan metode terapi reminiscence sebagai suatu upaya dalam menjaga ingatan atau mencegah kepikunan bagi lansia. Pelatihan yang termasuk dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksakan di wilayah Dukuh Mertosanan Kulon, Bantul pada bulan Juli 2021. Sasaran pelatihan adalah kelompok ibu yang memiliki anggota keluarga lanjut usia (lansia). Metode pengabdian yang digunakan adalah pemutaran video materi, diskusi, pelatihan dan penugasan. Pada sesi pemutaran video, sasaran menyimak materi sesuai waktu yang diberikan. Selanjutnya pada sesi diskusi dan pelatihan sasaran aktif mengajukan pertanyaan pada bagian materi yang kurang dipahami. Pada sesi penugasan, sasaran memberikan respon positif dengan mengumpulkan tugas video tepat waktu. Dari hasil sesi diskusi, pelatihan dan penugasan diketahui pengetahuan dan keterampilan sasaran terapi reminiscence bertambah

Keywords


lansia, kepikunan, terapi, reminiscence

Full Text:

PDF

References


Banon, E. (2011). Pengaruh Terapi Reminiscence dan Psikoedukasi Keluarga Terhadap Kondisi Depresi dan Kualitas Hidup Lansia di Katulampa Bogor. Universitas Indoensia.

BKKBN. (2020). Panduan Bina Keluarga Lansia Integrasi (1st ed.). Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Dewi, S. R. (2018). Pengaruh Terapi Reminiscence Terhadap Fungsi Konginitif lansia Di UPT PSTW Bondowoso. The Indonesian Journal of Health Science, Edisi Khus(September), 174–178.

Gultom, R., Martina, S. E., & Harianja, E. S. (2021). Penerapan Terapi Reminiscence Dalam Upaya Pencegahan Demensia Pada Lansia di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dinas Sosial Binjai. JPM Monsu’Aini Tano, 4(2), 122–128.

Kemenkes RI. (2017). Analisis Situasi Lansia Di Indonesia. Pusat Data dan Informasi. Jakarta.

Kusumawati, Y., Sari, Y. M., & Zulaekah, S. (2016). Pengembangan Kegiatan Posyandu Lansia Anthurium di Surakarta. Warta LPM, 19(2), 125–133.

Nita, V., Astuti, T., Khasanah, N., & Nugrahaningtyas. (2019). Pemeriksaan Kesehatan Pada Lansia di Dusun Ringinsari Bokoharjo Prambanan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. JPM Karya Husada, 1(2), 36–42.

Rahayuni, N. P. N., Utami, P. ayu S., & Swedarma, K. E. (2015). Pengaruh terapi Reminiscence Terhadap Stres Lansia di Banjar Luwus Baturiti Tabanan Bali. Jurnal Keperawatan Sriwiajaya, 2(1), 130–138.

Sharif, F., Jahanbin, I., & Zare, N. (2010). Effect of group reminiscence therapy on depression in older adults attending a day centre in Shiraz , southern Islamic Republic of Iran. Eastern Mediterranean Health Journal, 16(7), 765–770.

Subdirektorat Statistik Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial. (2020). Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta.

Syarniah. (2010). Pengaruh Teapi Kelompok Reminiscence Terhadap Depresi pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdga Budi Sejahtera Provinsi Kalimantan Selatan. Universitas Indonesia.

Wadu’ud, A., & Bahfiarti, T. (2016). Pola Penyebarluasan Informasi Program Bina Keluarga Lansia (BKL) Tentang Pemberdayaan Masyarakat Lansia Di Kabupaten Maros. Jurnal Komunikasi Kareba, 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Syarianingsih Syam, Nur Syarianingsih Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License