Pendampingan UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran produk di masa pandemi COVID-19

Isana Arum Primasari, Endah Utami, Choirul Bariyah

Abstract


UMKM VIEA CRAFT JOGJA merupakan salah satu UMKM yang berlokasi di RT 50 RW 8 berdiri di saat pandemi berawal dari keterpurukan ekonomi warga RT 50 yang sebagian besar berlatar belakang wirausaha. Produk-produk yang dihasilkan berupa rajutan tali macrame, kerajinan dari eceng gondok dan kerajinan dari debog pisang. Berdasarkan analisis kondisi internal UMKM VIEA memiliki beberapa kelemahan diantaranya penataan manajemen yang masih belum terkondisi dengan baik, media promosi baru sebatas hubungan secara personal, inovasi produk yang masih minim, serta kemampuan ketrampilan diantara pekerja yang tidak merata. Kegiatan pendampingan dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar melalui pelatihan pembuatan katalog produk dan pelatihan Digital Marketing. Buku katalog dibuat berdasarkan berbagai jenis produk hasil inovasi dari UMKM yang berjumlah 30 jenis produk. Pembuatan katalog diawali dari pendataan produk beserta data bahan, bentuk, ukuran, warna dan harga sehingga memudahkan konsumen saat akan memesan produk tersebut. Sedangkan pelatihan digital marketing dilaksanakan selama 2 hari menggunakan aplikasi canva dan pendampingan secara kontinyu sampai mahir. Hasil dari pengabdian ini mampu meningkatkan ketrampilan dalam pemasaran menggunakan digital marketing. Harapan dari hasil kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan penjualan produk serta memperluas jejaring pemasaran di masa pandemi COVID 19. Selanjutnya program ini perlu mendapatan perhatian dan pendampingan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM DIY secara berkelanjutan.

Keywords


Pendampingan, Peningkatan Kualitas Produksi, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Antaranews.com, 2021, Bappenas: Pemulihan Ekonomi Berfokus Pada Sektor Industri, https://www.antaranews.com/berita/2237674/bappenas-pemulihan-ekonomi-berfokus-pada-sektor-industri, diakses pada 3 Oktober 2021.

BPS RI, 2020, Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha, Katalog 3101038 no publikasi: 07330.2012, ISBN: 978-602-438-350-3

Purnomo, Nanto, Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, Desember 2020

Suci, YR, 2017, Perkembangan UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Indonesia, Jurnal Cano Ekonomos vol. 6 (1), hal

Sukma A., Hermina N., Novan D., Pengaruh Produk, Distribusi Dan Digital Marketing Terhadap Minat Beli Produk UMKM Binaan Kadin Jabar Pada Situasi Covid-19, Jurnal MANNERS, Vol .III, No. 2, Oktober 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Isana Arum Primasari, Endah Utami, Choirul Bariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License