Peningkatan produktivitas UPJ Surya Boga SMK Muhammadiyah 1 Moyudan melalui pengembangan manajemen usaha

Siti Mahsanah Budijati, Fatma Hermining Astuti, Wandhansari Sekar Jatiningrum

Abstract


Unit bisnis Kunir Jalak merupakan salah satu bagian dari UPJ (Unit Pelayanan dan Jasa) Surya Boga milik Jurusan Boga, SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, Sleman. Unit ini memproduksi minuman serbuk yang terbuat dari perpaduan kunir, jahe, dan temulawak. Minuman ini ditujukan untuk menjaga imunitas tubuh, mengingat terjadinya pendemi covid 19. Unit bisnis Kunir Jalak masih relatif baru, sehingga masih membutuhkan pendampingan untuk peningkatan usahanya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk melakukan pendampingan dalam kegiatan produksi maupun pengembangan bisnis secara umum, sehingga unit bisnis kunir jalak bisa semakin berkembang. Metode yang digunakan dalam program kegiatan PPM adalah pemberian materi penyuluhan dan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, dengan 2 kali tatap muka dan 1 kali daring. Hasil PPM berupa matrik strategi peningkatan usaha produksi Kunir Jalak yang dikembangkan berdasar analisis SWOT (Strength Weaknesses Opportunity Threat). Dampak PPM ditunjukkan dengan peningkatan pemberdayaan mitra, yang merupakan mitra non produktif ekonomi, yaitu peningkatan pengetahuan tentang manajemen usaha dan organisasi, penentuan HPP (Harga Pokok Produksi), dan harga jual. Dampak lain berupa peningkatan ketrampilan yang diperlihatkan dengan kemampuan dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari usaha produksi Kunir Jalak, yang selama ini belum pernah dilakukan.

Keywords


Unis bisnis Kunir Jalak; manajemen usaha; HPP; SWOT

Full Text:

PDF

References


Andriati., Wahjudi, R. M. T. (2016). Tingkat Penerimaan Penggunaan Jamu Sebagai Alternative Penggunaan Obat Modern pada Masyarakat Ekonomi Rendah-Menengah dan Atas. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 29(3), 133-145.

Astuti, F. H., & Jatiningrum, W. S. (2019). Pendampingan Manajemen Usaha Produksi Modified Cassava Flour (Mocaf) bagi KWT Ngudi Sari, Desa Kemiri, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 23-30.

Bisjoe, A. R. H. (2018). Menjaring Data dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion): Belajar dari Praktik Lapang. Buletin Eboni, 15(1), 17-27.

Gammahendra, F., Hamid, D., Riza, M.F. (2014). Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi (Studi Pada Persepsi Pegawai Tetap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 7(2), 1-10.

Hadriah, S.F., Arismunandar, Faridah. (2019). Manajemen Unit Produksi Sekolah di SMK Negeri 8 Makassar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 29-140.

Oreski, D. (2012). Strategy Development by using SWOT-AHP. TEM Journal, 1(4), 283-291.

Rusnani. (2012). Pelaksanaan Unit Produksi pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Bisnis dan Manajemen. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 338-354.

Salatoen, M. R., Widowati, I., & Santosa, A. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Volume Penjualan Jamu Herbal (Studi Kasus Pada PT. Perusahaan Jamu Tradisional Dr. Sardjito). Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 16(2), 63-78.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., & Yuwanti, S. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso). Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107-115.

Susilowati, F. (2016). Pola struktur organisasi manajemen kualitas pada kontraktor besar di indonesia. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 12(1), 24-28.

Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Mahsanah Budijati, Fatma Hermining Astuti, Wandhansari Sekar Jatiningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License