Penyuluhan Bahaya Limbah Kotoran Sapi bagi Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Siwi Purwanti, Lukhi Mulia Shitophyta, Anugerah Pratama

Abstract


Kelompok ternak Wiro Lembu Lemu, Wiyoro, Bantul, Yogyakarta setiap hari menghasilkan limbah kotoran sapi sebesar 200 kg. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok ternak adalah kurangnya pengetahuan tentang bahaya limbah kotoran sapi bagi manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang  bahaya limbah kotoran sapi bagi manusia dan lingkungan. Metode yang diterapkan yaitu ceramah dan tanya jawab secara langsung kepada mitra yang terdiri dari 10 peserta. Penyuluhan dilakukan pada hari Minggu 6 Juni 2021. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peserta memahami bahaya  limbah kotoran sapi bagi manusia dan lingkungan yang ditunjukkan dengan persentase capaian pemahaman sebelum penyuluhan 60% dan setelah penyuluhan 80%. Penyuluhan ini berdampak positif bagi masyarakat khususnya pengurus kelompok ternak Wiro Lembu Lemu, karena dengan mengetahui bahaya limbah kotoran maka masyarakat dapat mengolah limbah ternak menjadi produk yang bermanfaat salah satunya kompos.


Keywords


penyuluhan, limbah kotoran sapi, kesehatan, lingkungan

Full Text:

PDF

References


Djaja, W. (2008). Langkah Jitu Membuat Kompos dari Kotoran Ternak & Sampah. AgroMedia

Pustaka. Bandung.

Mayasari, dkk. (2020). Penyuluhan Teknik Pengolahan Limbah Peternakan Sapi Potong Di Kelompok Peternak Putra Nusa, Desa Kondangdjaja, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. 9(3), 194-198

Saputro, dkk. (2014). Pengelolaan Limbah Peternakan Sapi Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Pada Kelompok Ternak Patra Sutera. Rekayasa. 12(2). 91-98.

Sukamta, dkk. (2017). Pengelolaan Limbah Ternak Sapi Menjadi Pupuk Organik Komersial di Dusun Kalipucang, Bangunjiwo, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Berdikari, 5(1), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siwi Purwanti, Lukhi Mulia Shitophyta, Anugerah Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License