Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi

Adhy Kurnia Triatmaja, Barry Nur Setyanto, Rio Tirta Sudarma, Waznan Fauzi Oktavian

Abstract


Pendidikan berbasis teknologi berperan penting dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Berbagai upaya telah dilakukan agar guru dapat mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menyelenggarakan kursus pelatihan pembuatan angket online interaktif berbasis teknologi informasi, yang akan diadakan di SMP Negeri 1 Jaten. Tujuan dari kursus pelatihan ini adalah untuk memberikan Pengetahuan tentang Kahoot!, Google Forms, dan media pembelajaran Quizizz. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 7 Mei 2021 dan diikuti oleh 32 guru dari kelas VII, VIII dan IX yang terdiri dari guru spesialis. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah guru memiliki pengetahuan yang baik tentang materi pelatihan sehingga setiap informasi yang diterima dapat langsung dipraktikkan. Guru menerima materi yang sangat relevan dengan kebutuhan kelas dan yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru mendapatkan pengetahuan baru tentang media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembuatan kuis interaktif yang lebih menarik.

Keywords


kuis interaktif; daring; teknologi informasi

Full Text:

PDF

References


Adnyani, K. E. K., Adnyana, I. W., & Murniasih, N. N. (2020). Teacher and Students’ Perception on Using Kahoot! for English Learning. 394(Icirad 2019), 62–67. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200115.011

Chaiyo, Y., & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms on the student’s perception in the classrooms response system. 2nd Joint International Conference on Digital Arts, Media and Technology 2017: Digital Economy for Sustainable Growth, ICDAMT 2017, 178–182. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2017.7904957

Hofmeister, C., & Pilz, M. (2020). Using E-Learning to Deliver In-Service Teacher Training in the Vocational Education Sector: Perception and Acceptance in Poland, Italy and Germany. Education Sciences, 10(7), 182. https://doi.org/10.3390/educsci10070182

Junior, J. B. B. (2020). Assessment for Learning With Mobile Apps: Exploring the Potential of Quizizz in the Educational Context. International Journal of Development Research, 10(1), 33366–33371.

Nur Hidayat, W., Suswanto, H., Wijaya Kristanto, C., Pramudya Wardhani, A., Hamdan, A., & Kartika Sari, R. (2020). The effectiveness of interactive digital evaluation training for improving teacher skills in the covid-19 pandemic period. 4th International Conference on Vocational Education and Training, ICOVET 2020, 310–314. https://doi.org/10.1109/ICOVET50258.2020.9230070

Pentury, H. J., Rangka, I. B., Anggraeni, A. D., & Korespondensi, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Daring melalui Penerapan Kuis Interaktif Daring. 3(2), 109–114.

Riskawati. (2017). Pengaruh Pemberian Kuis pada Proses Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas XI SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 2, 90–98.

Untari, E. (2015). Efektivitas Metode kuis Interaktif dan Explicit Intruction pada Prestasi Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Ngawi. Media Prestasi: Jurnal Kependidikan STKIP PGRI Ngawi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adhy Kurnia Triatmaja, Barry Nur Setyanto, Rio Tirta Sudarma, Waznan Fauzi Oktavian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License