Peningkatan kompetensi pedagogik melalui pelatihan berkisah berbasis teknologi digital bagi guru PAUD di Pulau Bawean

Dwi Hastuti, Febritesna Nuraini, Iyan Sofyan, Ari Prabowo

Abstract


Guru memiliki peranan penting dalam menanamkan karakter bagi anak didik. Karakter pada diri seseorang akan terinternalisasi dengan baik jika ditanamkan sejak usia dini, di antaranya melalui lembaga PAUD. Terdapat bermacam metode yang dapat digunakan, di antaranya adalah dengan metode berkisah. Bagi seorang guru PAUD, berkisah merupakan skill utama yang harus dikuasai. Akan tetapi, masih banyak guru PAUD yang belum mampu menyampaikan kisah secara kreatif dan menarik. Dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, guru tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan anak saat pembelajaran. Perlu ada upaya inovatif agar para guru tetap dapat menyampaikan kisah-kisah hikmah untuk membangun karakter anak. Kemampuan memanfaatkan teknologi digital pun menjadi skill yang harus dikuasai oleh guru PAUD. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogis dalam berkisah bagi guru PAUD di Pulau Bawean serta pengembangannya melalui teknologi digital. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan pelatihan secara daring yang diselenggarakan selama 10 hari. Metode pelatihan yang diterapkan yaitu 5 hari tatap muka virtual dan 5 hari penugasan praktek mandiri terbimbing. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi para peserta dalam metode berkisah. Para peserta mampu menerapkan teknik-teknik aplikatif dan improvisasi dalam berkisah dengan mendokumentasikannya ke dalam produk media audiovisual berbasis aplikasi Kinemaster.

Keywords


Kompetensi Pedagogik, Pelatihan Berkisah Berbasis Digital, Guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Fitriyani, A., Suryadi, K., dan Syam, S., “Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai Budaya Sunda,” Sosietas, vol. 5, no. 2, 2015, doi: 10.17509/sosietas.v5i2.1521.

Fitri, Indah N., (2017), “Pengaruh Bercerita terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Teluk Nibung TA. 2017/2018”, Unimed, 2017.

Idrus, M., “Pendidikan karakter pada keluarga Jawa,” J. Pendidik. Karakter, vol. 2, pp. 118–130, 2012.

Kurniawan, H., (2016), “Kreatif Mendongeng untuk Kecerdasan Jamak Anak”, Jakarta: Kencana

Madjid, M. A. S. R. V. , Abdulkarim, A., and Iqbal, M., “Peran nilai budaya sunda dalam pola asuh orang tua bagi pembentukan karakter sosial anak,” Int. J. Pedagog. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2016, doi: 101.17509//ijposs.v1i1.4956.

Pamungkas, (2012), “Bercerita dalam Kaitannya dengan Pendidikan Karakter Anak”, Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, Vol 2, No 1, 2012.

Sukirman (2016). Digital Storytelling Interaktif dan Menggembirakan Menggunakan Augmented Reality. pp. 55-60. https://www.researchgate.net/publication/317166496_Digital_Storytelling_Interaktif_dan_Menggembirakan_Menggunakan_Augmented_Reality

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wardah, A.C, Tadrisuna Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman ISSN: 2620-3057 (Online) ISSN: 2615-8477 (Print) 51 Pengaruh Perhatian Orangtua Rantau Terhadap Karakter Anak Desa Gunungteguh Sangkapura Bawean, STIT Raden Santri Gresik, 2018.

Yenti, Y., & Maswal, A. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2045–2051. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1218


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License