Peningkatan imunitas aktivis ‘Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui konsumsi flora antioksidan

Listiatie Budi Utami, Ambar Pratiwi

Abstract


Peningkatan imunitas aktivis Aisyah DIY menjadi hal yang sangat penting  untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan oleh tingginya aktivitas kader untuk berdakwah. Dalam situasi pandemi sering mendapat berita terdapat aktivis Muhammadiyah Aisyah terpapar covid 19. Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas adalah dengan meningkatkan gizi dan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Program penanaman tanaman yang mengandung anti oksidan ini perlu  menjadi sebuah gerakan. Tanamannya adalah Kembang telang, bunga Rosella dan Kelor.Tujuan kegiatan ini adalah:1) mensosialisasikan tanaman yang mengandung antioksidan ; 2) meningkatkan imunitas alamiah dengan murah dan cerdas ; 3) terjadinya peningkatan imunitas kader Aisyiyah secara alamiah. Peningkatan Imunitas  para aktivis Aisyiyah di  PWA DIY  melalui program budidaya dan pengolahan flora anti oksidant merupakan solusi alternatif yang ditawarkan. Kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan kader Aisyiyah yang aktif sehat dan semangat. Metode pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan pada bulan Mei hingga  September 2021 meliputi 1) Diskusi program antara tim pengusul program dan pihak PWA DIY  2) Sosialisasi peran dan pentingnya antioksidan untuk kesehatan tubuh dan peningkatan imunitas   aktivis PWA DIY bertempat di kantor PDM Kota Yogya 3) Kegiatan Penyuluhan Flor Antioksidan  4) Pelatihan penanaman dan pengolahan Flor  antioksidan.  Hasil kegiatan ini berupa   terjadi peningkatan pengetahuan dan semangat untuk menanam tanaman antioksidan serta mengkonsumsi antioksidan alamiah.

 


Keywords


imunitas, aktivis , ‘Aisyiyah, flora, antioksidan

Full Text:

PDF

References


Alfian, R. dan Susanti, H. 2012. Penetapan Kadar Fenolik Total Ekstrak metanol Kelopak Bunga Rosella Merah (Hibiscus sabdariffa linn) dengan Variasi Tempat tumbuh secara Spektrofotometri, Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 2(1): 73-80.

Arnanda, Q.P. dan Nuwarda, R.F. 2019. Review Article: Penggunaan Radiofarmaka teknesium-99m dari Senyawa Glutation Dan Senyawa Flavonoid sebagai Deteksi Dini radikal Bebas Pemicu Kanker. Farmaka. 17(2): 236-243.

Pratiwi, A. dan Salimah, I. 2020. Aktivitas Antioksidan dan Antimikroba Minyak Atsiri Kembang Leson. Al-Kauniyah Jurnal Biologi. 13(2): 139-146.

Purba, E. C. 2020. Kembang Telang ( Clitoria ternatea L.): Pemanfaatan dan Bioaktivitas. Jurnal EduMatSains, 4(2) : 111-124.

Werdhasari, A. 2014. Peran Antioksidan Bagi Kesehatan. Jurnal Biotek Medisiana Indonesia. 3(2): 59-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Listiatie Budi Utami, Ambar Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License