Pelatihan LMS Schoology bagi guru di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman

Purnawan Purnawan, Arief Kurniawan, Ananda Riski Hakim, Estia Rizki Amalia Putri

Abstract


Learning Management System (LMS) digunakan guru agar pembelajaran lebih interaktif karena bisa berinteraksi dengan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Terlebih seperti kondisi saat ini, bahwa dunia tengah mengalami pandemi Covid-19. Kegiatan pembelajaran di kelas mau tidak mau harus digantikan secara online. LMS dengan platform Schoology memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran daring. Schoology merupakan media yang efektif digunakan pada pembelajaran dengan berbasis daring dengan memiliki fitur yang mudah digunakan. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan informasi tentang penggunaan LMS dengan platform Schoology dalam kegiatan pembelajaran daring bagi guru di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman. Metode pengabdian yakni dengan melaksanakan pelatihan tatap muka sebanyak tiga sesi dan dilanjutkan dengan konsultasi melalui whatsapp. Sebanyak 16 guru mengikuti pelatihan ini, dengan respon rata-rata puas dan faham terhadap materi yang diberikan. Dampak dilakukannya pelatihan ini adalah peserta pelatihan memahami pengetahuan tentang LMS sekaligus menerapkan pembelajaran, mengatur kelas, dan mengelola kelas secara daring dengan platform Schoology.

Keywords


LMS; Pembelajaran Daring; Schoology

Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo, and H. Pathoni, “Penerapan Media E-learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi,” J. Sainmatika, vol. 8, no. 1, pp. 13–29, 2014.

A. Irmayana and A. Akhriana, “Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology pada SMA Negeri 21 Makassar,” J. Din. Pengabdi., vol. 4, no. 8, pp. 22–27, 2018.

A. T. Wibowo, I. Akhlis, and S. E. Nugroho, “Pengembangan LMS (Learning Management System) berbasis web untuk mengukur pemahaman konsep dan karakter siswa,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 2, pp. 127–137, 2014.

Basori, “Pemanfaatan Social Learning Network Schoology dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS,” JIPTEK J. Ilm. Pendidik. Tek. dan Kejuru., vol. 6, no. 2, pp. 99–105, 2013, doi: 10.20961/jiptek.v6i2.12562.

Chodzirin, “Pemanfaatan information and communication technology bagi pengembangan guru Madrasah Sub Urban,” DIMAS, vol. 16, no. 2, pp. 310–322, 2016.

J. Rahmadoni, A. A. Arifnur, M. Wahyuni, F. Teknologi, and I. Universitas, “Penerapan Schoology sebagai Learning Management System bagi Guru SMAN 1 Sutera,” vol. 3, no. 2, pp. 121–129, 2020.

K. I. Huurun’ien, A. Efendi, and A. . Tamrin, “Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Schoology Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Surakarta Pada Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Ilm. Pendidik. Tek. Kejuru., vol. 10, no. 2, pp. 36–46, 2017, doi: 10.20961/jiptek.v10i2.16866.

M. Yazdi, “E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi,” J. Ilm. Foristek, vol. 2, no. 1, pp. 143–152, 2012.

M. Zain, B. Muniandy, and Wahid Hashim, “The Integration of 21st-Century Learning Framework in the ASIE Instructional Design Model,” Psychol. Res., vol. 6, no. 7, pp. 415–425, 2016, doi: 10.17265/2159-5542/2016.07.004.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta, 2012.

S. Raharja, L. D. Prasojo, and A. A. Nugroho, “Model Pembelajaran berbasis learning management system dengan pengembangan software moodle di Sekolah Menengah Atas,” J. Kependidikan, vol. 41, no. 1, pp. 34-44., 2011.

S. Ni’am, “Pengembangan aplikasi learning management system (LMS) pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Harapan Bunda Semarang,” J. Informatics Technol., vol. 2, no. 1, pp. 11–32, 2013.

Setiyani, “Blended Learning: Keefektifan E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis,” J. Kependidikan, vol. 3, no. 2, pp. 143–155, 2019, doi: 10.21831/jk.v3i2.23820.

Salim, R. Prajono, Kodirun, M. Salam, and Rahmat., “Penggunaan Learning Management System (LMS) Berbasis Schology Dalam Pembelajaran Flipped Classroom,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika I, 2018, pp. 274–281.

Salim, L. O. A. Jazuli, Nurhayati, and Hendra Nelva Saputra, “Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-learning Schoology Pada Guru SMA,” J. Pengabdi. dan Peningkatan Mutu Masy., vol. 1, no. 2, pp. 151-158., 2020.

Tigowati, A. Efendi, and C. W. Budiyanto, “E-learning berbasis schoology dan edmodo : ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa SMK,” Elinvo (Electronics, Informatics Vocat. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 49–59, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Purnawan, Arief Kurniawan, Ananda Riski Hakim, Estia Rizki Amalia Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License