Optimalisasi dan inovasi hasil olahan singkong dalam mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat

Muhammad Ali Fikri, Budi Barata Kusuma Utami

Abstract


Gembyong merupakan dusun yang terletak di Kecamatan Patuk yang memiliki sumber daya alam yang melimpah yaitu singkong.Meskipun gembyong memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengolah dan memanfaatkan keunggulan tersebut. Potensi sumber daya alam yang melimpah dapat dimaksimalkan dengan cara optimalisasi dan inovasi olahan produk. Pengabdian ini menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan optimalisasi dan inovasi produk olahan singkong. Optimalisasi dilakukan dengan cara meningkatkan nilai jual dari singkong yang menjadi daya unggul dengan cara menghadirkan inovasi produk. Selanjutnya, masyarakat diajarkan mengenai pembentukan branding dan teknik packaging agar produk dapat diterima oleh pasar. Setelah proses branding dan packaging, dilanjutkan dengan penyuluhun tentang perhitungan harga jual produk agar mampu bersaing di pasar. Kedepannya produk juga akan dijual secara online melalui e-commerce untuk dapat menjangkau konsumen lebih luas. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian ini adalah produksi makanan olahan berbahan dasar singkong. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga dilakukan evaluasi kemampuan dan pengetahuan masyarakat terkait dengan optimalisasi dan inovasi produk olahan singkong. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam mengoptimalkan sumber daya alam yang melimpah untuk dijadikan inovasi produk, serta adanya peningkatan taraf perekonomian masyarakat.

Keywords


Optimization & Innovation, Cassava Products, Economic Growth

Full Text:

PDF

References


Anggreani, S., & Adnyana, I. G. S. (2020). Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full Costing sebagai Dasar Penetapan Harga Jual pada UKM Tahu An Anugrah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 9-16.

Badan Pusat Statistik. (2013). Kecamatan Patuk Dalam Angka 2013. Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176-188.

Feng, L., Skouri, K., Wang, W. C., & Teng, J. T. (2020). Optimal Selling Price, Replenishment Cycle And Payment Time Among Advance, Cash, And Credit Payments From The Seller’s Perspective. Annals of Operations Research, 1-22.

Fontana, A. (2011). Innovate We Can!. Cipta Inovasi Sejahtera.

Khodabandeh, A., & Lindh, C. (2021). The Importance Of Brands, Commitment, And Influencers On Purchase Intent In The Context Of Online Relationships. Australasian Marketing Journal, 29(2), 177-186.

Kotler, K. (2012). Marketing Management (14th Edition). Pearson Education.

Orquin, J. L., Bagger, M. P., Lahm, E. S., Grunert, K. G., & Scholderer, J. (2020). The Visual Ecology Of Product Packaging And Its Effects On Consumer Attention. Journal of Business Research, 111, 187-195.

Rizianiza, I., Mungil, D., & Idhil, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Tentang Kemasan Pada UMKM Pengolah Rumput Laut. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 144-152.

Simamora, H. (2014). Manajemen sumber Daya Manusia. Bina Aksara.

Stanton, W. J. (2013). Prinsip Pemasaran Terjemahan Buchari Alma. Erlangga.

Susanto, A., Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42-51.

Swastha, B., & Irawan. (2010). Mnajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Winardi. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.

Xia, H., Pan, X., Zhou, Y., & Zhang, Z. J. (2020). Creating The Best First Impression: Designing Online Product Photos To Increase Sales. Decision Support Systems, 131, 113235.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Ali Fikri, Budi Barata Kusuma Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License