Pelatihan Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Ecoprint Teknik Pounding Di Sd Muhammadiyah Karangploso
Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar mempelajari salah satunya tentang materi tumbuhan khususnya daun. Guru SD harus memiliki wawasan dan kemampuan yang baik dalam mengajar. Masalah di SD Muhammadiyah Karangploso ini adalah kemampuan, keterampilan dan kreatifitas untuk memanfaatkan bahan alam sebagai pembelajaran yang masih kurang. Guru harus memiliki cara yang cocok digunakan dalam pembelajaran IPA, salah satunya dengan teknik pounding pada ecoprint. Topik yang diangkat adalah pelatihan pembelajaran IPA melalui batik ecoprint teknik pounding. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pelatihan agar guru mengetahui cara melakukan teknik pounding pada ecoprint dan menerapkan kedalam pembelajaran serta agar guru dapat mempraktikkan Teknik pounding pada ecoprint dengan benar. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan unjuk kerja (praktik) dengan teknik pounding, dan monitoring hasil kain serta diskusi. Hasil pengabdian yaitu peningkatan keberdayaan mitra yang berupa peningkatan pengetahuan tentang materi IPA khususnya tentang daun, materi kesenirupaan tentang ecoprint, dari awal pengetahuan mereka 22 % menjadi 96 %, kemudian juga terlihat keterampilan praktek guru ecoprint dengan teknik pounding di SD Muhammadiyah Karangploso yang bagus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barendregt, Bart & Jaffe, Rivke. (2014). The Global Rice of Eco-Chic: Green Consumption. London:Bloomsbury Publishing Plc.
Budiasih, Tien Aminatun, Denies Priantinah (2019). Pengembangan Keterampilan Ecoprint pada KBM untuk Mendukung Usaha Ekowisata. Di akses dari internet tanggal 18 Oktober 2020 dengan alamat https://www.uny.ac.id/berita/pengembanganketrampilan-ecoprint-pada-kbm-untuk-mendukung-usaha-ekowisa
Hadisunarso. (2015). Morfologi Tumbuhan. Modul pembelajaran.
Irianingsih, Nining. (2018). Eco Print Motif Kain dari Daun dan Bunga. Jakarta: Gramedia
Kharishma, Vidya & Ulfa Septiana. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint Untuk Guru Paud. Seminar Nasional: Seni, Teknologi, dan Masyarakat. Volume 2. 183-187
Sedjati, Djandjang Purwo & Sari, V T. (2019). Mix Teknik Ecoprint Dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. CORAK Jurnal Seni Kriya, 8(1), 1-11
Suwardi. (2011). Efektifitas Media Pembelajaran bagi Pendidikan PAUD yang Ramah Lingkungan. Jurnal Al-Azhar Indonesia series humaniora, 1(2), 72-77.
Widyaningrum, Nur Prapti. (2021). Belajar Ecoprint dengan Memanfaatkan Potensi Alam Sekitar. Jawa Pos. https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2021/02/09/belajar-ecoprint-dengan-memanfaatkan-potensi-alam-sekitar/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 siwi purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License